Home / Fatwa / Hukum Memelihara Burung Dan Ikan Sebagai Hiasan  

Hukum Memelihara Burung Dan Ikan Sebagai Hiasan  

PERTANYAAN :  
Apakah diperbolehkan menangkap burung serta memasukkannya ke dalam sangkar, kemudian disimpan di dalam rumah sebagai hiasan seperti burung kakatua dan jenis burung lainnya, atau burung bulbul untuk mendengarkan kicauannya, atau memelihara ikan dalam aquarium?

JAWABAN :
Hal tersebut tidak berdosa, jika anda tidak berbuat zhalim, dan hendaklah anda memperlakukannya dengan baik dalam hal memberi makanan dan minumannya. Baik binatang peliharaan tersebut berupa burung kakatua, burung dara, ayam atau binatang peliharaan lainnya dengan syarat harus diperlakukan dengan baik dan tidak menzhaliminya, baik binatang peliharaan itu dipelihara di dalam kolam, sangkar atau aquarium seperti ikan misalnya. Sesungguhnya Allah Maha Pelindung lagi Maha Penolong.
_________________________

  • Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, Fatawa Islamiyah, 4/448-449

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017-sekarang) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- sekarang) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Bahaya Terburu-buru Tampil Sebelum Waktunya

👤 Ibnul Jauzy rahimahullah berkata: . فليسمع هذه النصيحة من يخاف على دينه ويعرض عن …

Hukuman Yang Tidak Disadari Mayoritas Manusia

Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata: . ‏والله سبحانه جعل مما يعاقب به الناس على الذنوب سلب …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com