Home / Fatwa / Bolehkah Wudhu Di Dalam Kamar Mandi?

Bolehkah Wudhu Di Dalam Kamar Mandi?

PERTANYAAN :

Bolehkah wudhu di kamar mandi?


JAWABAN :

Tidak mengapa berwudhu di dalam kamar mandi apalagi ada hajat ketika itu. Ketika itu tetap wajib bismillah di awal wudhu. Karena membaca bismillah di awal wudhu adalah suatu kewajiban menurut sebagian ulama. Sebagian lain menganggap hukumnya sunnah muakkad. Jadi tetap membaca bismillah dan tidak dianggap makruh. Karena hukum makruh jadi tiada saat butuh. Jadi, setiap muslim tetap diperintahkan membaca bismillah di awal wudhu dan menyempurnakan wudhu setelah itu.

Adapun doa setelah wudhu, hendaklah membacanya setelah keluar dari kamar mandi.

Adapun jika kamar mandi (yang digunakan) hanyalah tempat untuk berwudhu saja, tidak ada untuk buang air besar maupun air kecil, maka tidak mengapa mengucapkan bismillah kala itu karena tempat tersebut bukan lagi tempat menunaikan hajat. 

____________________________

  • Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah
  • Majmu’ Fatawa wa Maqolat Mutanawwi’ah, 10

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017-sekarang) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- sekarang) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Shalat Yang Paling Utama Di Sisi Allah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ” أفضل الصلوات عند الله صلاة الصبح يوم الجمعة في …

Sifat Laki-laki Mulia

Iyyas bin Mu’awiyah rahimahullah berkata: ‏امتحنتُ خصال الرجال، فوجدت أشرفها صدق اللسان، ومَنْ عُدِمَ فضيلة …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com