Home / Artikel / Teruslah Belajar Selagi Engkau Masih Muda

Teruslah Belajar Selagi Engkau Masih Muda

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

Saudaraku.. belajarlah engkau selagi masih muda.. selagi masih ada kesempatan bagimu.. karena kelak setiap dari kalian akan menjadi pemimpin.. Nabi Shallallahu alaihi wasallam bersabda :

كُلُّكُمْ رَاعٍ، وَكُلُّكُمْ مَسْؤُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، وَالأَمِيْرُ رَاعٍ، وَالرَّجُلُ رَاعٍ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ، وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَّةٌ عَلَى بَيْتِ زَوْجِهَا وَوَلَدِهِ، فَكُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْؤُوْلٌ عَنْ رَعِيَّت

“Kalian semua adalah pemimpin dan seluruh kalian akan dimintai pertanggung jawaban atas yang dipimpin. Penguasa adalah pemimpin dan seorang laki-laki adalah pemimpin, wanita juga adalah pemimpin atas rumah dan anak suaminya. Sehingga seluruh kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggung jawaban atas yang dipimpin.” (Muttafaqun alaihi)

👤 Sahabat Umar bin Khattab radhiyallahu anhu pernah berkata : 

تَفَقَّهُوا قَبْلَ أَنْ تُسَوَّدُوا 

“Belajarlah sebelum kalian diangkat menjadi pemimpin.” (Diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhori)

Renungilah Sabda Nabi shalallahu alaihi wasallam dan perkataan Umar bin Khattab tersebut, bahwasannya hal ini mendorong kita untuk belajar sejak dini ketika masih muda, karena ini waktu yang sangat berharga yang kita miliki sebelum datang dimana kita akan mengemban suatu amanah kepemimpinan, jabatan, pekerjaan dan amanah lainnya yang itu semua akan menyibukkan kita dari belajar ilmu agama.

👤 Hisyam bin Urwah rahimahullah berkata :

 كَانَ أَبِي يَجْمَعُ بَنِيهِ فَيَقُولُ: يَا بَنِيَّ تَعَلَّمُوا , فَإِنْ تَكُونُوا صِغَارَ قَوْمٍ , فَعَسَى أَنْ تَكُونُوا كِبَارَ آخَرِينَ , وَمَا أَقْبَحَ عَلَى شَيْخٍ يُسْأَلُ , لَيْسَ عِنْدَهُ عِلْمٌ.

“Dahulu ayahku pernah mengumpulkan anak-anaknya lalu beliau berkata : “Wahai anak-anakku belajarlah, jika kalian saat ini menjadi anak-anak kecil dalam kaumnya, maka nanti kalian akan menjadi orang-orang yang dituakan dalam kaum yang lain. Dan betapa buruk ketika seorang yang dituakan ditanya sedangkan dia tidak memiliki ilmu.” (Diriwayatkan oleh Ad-Darimy)

Oleh karena itu wahai saudaraku, mari kita manfaatkan usia yang yang masih kita miliki dan waktu luang untuk kita terus mempelajari dan memperdalam ilmu agama, dan mari kita ajak anak kita untuk terus belajar mendalami agama dimulai dari usia belia mereka..

___________________________

  • Penyusun | Abdullah bin Suyitno (عبدالله بن صيتن)
  • Disusun 20 DzulQa’dah 1438 H / 13 Agustus 2017

About Abdullah bin Suyitno

Avatar
Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Februari 2021)

Check Also

Bergantunglah Hanya Kepada Allah. Itulah Kuncinya

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata : ينبغي للإنسان أن يقطع العلائق عن الخلائق، …

10 Hal Yang Sia-Sia

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata : عشرة أشياء ضائعة لا ينتفع بها: علم لا يعمل به، …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com