Home / Mutiara Salaf / Pondasi Keimanan

Pondasi Keimanan

👤 Ibnul Qayyim rahimahullah berkata :

“Sesungguhnya sabar dan syukur menjadi sebab seorang hamba untuk bisa memetik pelajaran dari ayat-ayat yang disampaikan. Hal itu dikarenakan sabar dan syukur merupakan pondasi keimanan. 

🔴 Setengah dari keimanan itu adalah SABAR 
🔴 Setengahnya lagi adalah SYUKUR. 

Kekuatan iman seorang hamba sangat bergantung pada sabar dan syukur yang tertanam di dalam dirinya. Sementara, ayat-ayat Allah hanya akan bermanfaat bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan meyakini ayat-ayat-Nya. Imannya itu pun tidak akan sempurna tanpa sabar dan syukur. 

🔴 Pokok SYUKUR itu adalah tauhid. 
🔴 Adapun pokok SABAR adalah meninggalkan bujukan hawa nafsu. 

Apabila seseorang mempersekutukan Allah dan lebih memperturutkan hawa nafsunya, itu artinya dia belum menjadi hamba yang penyabar dan pandai bersyukur. Oleh sebab itulah ayat-ayat yang ada menjadi tidak bermanfaat baginya dan tidak akan menumbuhkan keimanan pada dirinya sama sekali.” 

_____________________________

  • Adh-Dhau’ al-Munir ‘ala at-Tafsir 1/145

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017-sekarang) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- sekarang) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Diantara Karunia Allah Bagi Hamba Yang Tidak Ingin Tenar

Ayyub as-Sikhtiyany rahimahullah berkata: إن قومًا يريدون أن يرتفعوا فيأبى الله إلا أن يضعهم، وآخرين …

Jangan Bermaksiat Lagi Setelah Lebaran

👤 Ka’ab Al Ahbar rahimahullah (tabiin) berkata: “Barangsiapa puasa Ramadhan sedangkan dalam hati dia berniat …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com