Home / Mutiara Salaf / Buah Surga Dan Buah Neraka

Buah Surga Dan Buah Neraka

👤 Ibnul Qayyim rahimahullah berkata :

الإخلاص والتوحيد شجرة في القلب فروعها الأعمال وثمرها طيب الحياة في الدنيا والنعيم المقيم في الآخرة. وكما أن ثمار الجنة لا مقطوعة ولا ممنوعة، فثمرة التوحيد والإخلاص في الدنيا كذلك.والشرك والكذب والرياء شجرة في القلب، ثمرها في الدنيا الخوف والهم والغم وضيق الصدر وظلمة القلب، وثمرها في الآخرة الزقّوم والعذاب المقيم.

“Ikhlas dan Tauhid adalah pohon di dalam hati, cabangnya adalah amalan-amalan, buahnya adalah bagusnya hidup di dunia dan kenikmatan abadi di akhirat. Sebagaimana buah-buahan surga itu tidak pernah terputus dan tidak tercegah, maka buahnya Tauhid dan Ikhlas di dunia juga demikian.

Sedangkan kesyirikan, kedustaan dan riya adalah sebuah pohon dalam hati, buahnya di dunia adalah rasa takut, kesedihan, kedukaan, sempit dada dan gelapnya hati. Buahnya di akhirat adalah Zaqum dan adzab yang abadi.”

_____________________________

  • Kitab Al Fawaid,halaman 158 Darul ‘Aqidah

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Sebab Seorang Tidak Memiliki Adab Yang Baik

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata : ‏الأخلاق ⁩ تكون بالاكتساب وتكون بالجبلة وهذا …

Pastikanlah Sebelum Menukil Berita

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata: . يجب على الإنسان أن يتثبت فيما يقول …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com