Home / Artikel / PENYEBAB BERBUAT DOSA DAN SOLUSINYA

PENYEBAB BERBUAT DOSA DAN SOLUSINYA

Sebagaimana yang disampaikan oleh para ulama, bahwa orang yang berbuat dosa itu disebabkan karena dua hal:

1. Kejahilan

2. Menuruti hawa nafsu

Maka orang yang melakukan perbuatan dosa disebabkan karena kejahilan, wajib baginya untuk menuntut dan memperdalam ilmu agama, ilmu yang bersumber dari al-Qur’anul karim dan hadits-hadits Nabi yang shahih sesuai dengan pemahaman para sahabat Nabi.
Ilmu adalah cahaya yang menerangi hati seorang hamba sehingga bisa membedakan mana yang baik dan buruk menurut Allah dan Rasul-Nya, membedakan mana yang halal dan haram, yang haq dan bathil, yang dosa dan yang berpahala. Itu semua adalah buah dari ilmu.
Namun apabila seorang hamba berbuat maksiat disebabkan karena menuruti hawa nafsu, maka obatnya adalah bersabar dan mengharap pahala dari Allah dalam menahan diri dari maksiat.

Karena hanya dengan kesabaran, ia bisa memadamkan gejolak syahwat yang menyala-nyala, dan dengan mengharap pahala, ganjaran, dan kenikmatan yang akan diberikan oleh Allah, maka ia bisa meninggalkan perbuatan dosa yang menurutnya mengandung kenikmatan, padahal kenikmatan yang ada di dalamnya hanya sesaat dan berujung adzab, serta tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan kenikmatan-kenikmatan surga yang diperuntukkan bagi para hamba-Nya yang bertaqwa.

__________________________

  • Majalah adz-Dzakhiroh al-Islamiyyah, Hal 14, edisi 76 tahu. 2012
  • Abdul Basith, Lc

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Para Salaf Dalam Memandang Amalan Mereka

Ibnu Rajab al-Hanbaly rahimahullah berkata: كان السلف يجتهدون في أعمال الخير ويعدون أنفسهم من المقصرين …

Kemunafikan Berlapis

Ibnu Rajab al-Hanbaly rahimahullah berkata: فمن أظهر للناس خشوعًا فوق ما في قلبه فإنَّمَا هو …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com