Home / Artikel / Tidak Akan Ada Penggantinya

Tidak Akan Ada Penggantinya

​👤 Ibnul Qayyim rahimahullah berkata :

Seorang penyair berkata :

“Segala sesuatu yang engkau sia-siakan terdapat penggantinya, Tetapi jika engkau sia-siakan Allah, maka tiadalah penggantinya”

Allah kuasa menggantikan segala sesuatu, dan tiada sesuatu pun yang mampu menggantikan-Nya. Dia Mahakuasa mencukupi segala sesuatu, namun tidak ada sesuatu pun yang dapat mencukupi-Nya. Dia Maha Melindungi dari segala sesuatu, tetapi tidak ada sesuatu yang dapat melindungi dari siksa-Nya. Dia kuasa mencegah segala sesuatu, dan tidak ada sesuatu pun yang mampu mencegah mudharat dari-Nya.

Bagaimana mungkin seorang hamba merasa tidak membutuhkan ketaatan kepada-Nya, sedangkan tidak sekejap mata pun dari urusan manusia yang tidak berada di bawah kekuasaan-Nya?

Bagaimana mungkin dia melupakan dzikir kepadaNya, sehingga Dia menjadikannya lupa terhadap dirinya sendiri yang akibatnya ia merugikan dan menzhalimi diri sendiri dengan sebenar-benar kezhaliman?

Pada hakikatnya seorang hamba tidak menzhalimi Rabbnya, namun dialah yang menzhalimi diri sendiri. Rabbnya tidak pernah menzhaliminya, melainkan dialah yang telah menzhalimi dirinya sendiri.

___________________________

  • Ad-Daa’ wad Dawaa’, Hal 160

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Perkara Yang Tidak Memiliki Keburukan Sama Sekali

Aun bin Abdullah rahimahullah berkata: الخير الذي لا شر فيه: الشكر مع العافية، فكم من …

Bahaya Kawan Yang Gemar Berjidal (berdebat)

Muhammad bin Sirin rahimahullah berkata: لا تجادل إلا رجلا إن كلمته رجوتَ أن يرجع، فأمّا …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com