Home / Artikel / DIET BAGI JIWA

DIET BAGI JIWA

👤 Ibnu al-Jauzi rahimahullah berkata :

“Aku merenungkan dengan seksama hal-hal yang terkait dengan dunia dan perkara-perkara yang berhubungan dengan akhirat. Ternyata hal-hal yang terkait dengan dunia adalah sesuatu yang bisa dicerna oleh indra dan alami. Sedangkan perkara-perkara yang berhubungan dengan akhirat adalah sesuatu yang bersifat abstrak dan imani.
🔴 Telah maklum bahwa hal-hal yang bisa dicerna oleh indra lebih menarik buat orang yang tidak mendalam ilmunya dan mengakar keyakinannya.
Aku juga melihat segala sesuatu akan makin menguat seiring makin bertambah jumlah pemicunya. Karena itulah bergaul dengan orang banyak, melihat hal-hal yang menyenangkan dan menikmati beragam kesenangan bisa memperkuat hal-hal indrawi. Sedangkan menyendiri merenung dan mendalami ilmu dapat memperkuat hal-hal imani. Seseorang yang berjalan-jalan di pasar dan melihat-lihat berbagai macam perhiasan dunia lalu masuk kuburan dan melakukan perenungan hingga hatinya melunak, pasti akan merasakan perbedaan yang amat terang diantara keduanya, dan penyebabnya adalah perbedaan pemicunya.
Karena itulah, engkau mesti menyendiri, berzikir dan menelaah ilmu. Karena menyendiri sama dengan diet, sedang zikir dan menelaah ilmu sama dengan obat. Dan obat yang berupa zikir dan menelaah ilmu ini tak punya khasiat apa-apa bila ia dibarengi dengan (seringnya) pergaulan dengan orang banyak. Padahal, aku melihat engkau gemar bergaul dengan orang banyak dan mencampuradukan amal saleh dengan amal buruk. Oleh sebab itu, obatmu hanyalah yang telah kuresepkan untukmu.
🔴 Jika engkau tetap bergaul dengan orang banyak dan menuruti berbagai jenis ambisi hawa nafsu lalu dirimu ingin memperbaiki diri, engkau sama dengan mengkhayalkan sebuah kemustahilan.
_____________________________

  • Shaid al-Khathir, hal 69
  • ✍ Abdullah bin Suyitno (عبدالله بن صيتن) 

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Perkara Yang Tidak Memiliki Keburukan Sama Sekali

Aun bin Abdullah rahimahullah berkata: الخير الذي لا شر فيه: الشكر مع العافية، فكم من …

Bahaya Kawan Yang Gemar Berjidal (berdebat)

Muhammad bin Sirin rahimahullah berkata: لا تجادل إلا رجلا إن كلمته رجوتَ أن يرجع، فأمّا …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com