Home / Artikel / Tiba-tiba Sakit Tanpa Sebab

Tiba-tiba Sakit Tanpa Sebab

Saudaraku perkah engkau temui berita tentang keracunan masal? Padahal malam hari makanan baru dimasak segar dan bersih dengan porsi besar untuk dihidangkan pada acara pagi harinya..

Pernahkah pula engkau mendengar seorang yang sehat dan bugar yang sangat jarang sekali sakit, tiba-tiba mendadak sakit parah? Dan itu diketahui tatkala setelah cek lab medis, bahkan itu terkadang ada yang tidak terdeteksi medis..

๐Ÿ”ด Rasulullah shalallahu alaihi wasallam telah sampaikan suatu kabar kepada kita..

ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ูููŠ ุงู„ุณู‘ูŽู†ูŽุฉู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŒ ูŠูŽู†ู€ู’ุฒูู„ู ูููŠู’ู‡ูŽุง ูˆูŽุจูŽุงุกูŒ ู„ุงูŽ ูŠูŽู…ูุฑู‘ู ุจูุฅูู†ุงูŽุกู ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุบูุทูŽุงุกูŒ ุฃูŽูˆู’ ุณูู‚ูŽุงุกู ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆููƒูŽุงุกูŒ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ู†ูŽุฒูŽู„ูŽ ููŽูŠู’ู‡ู ู…ูู†ู’ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ูˆูŽุจูŽุงุกู .

โ€œSesungguhnya dalam satu tahun terdapat satu malam yang turun pada malam itu wabah penyakit. Tidaklah wabah itu melewati bejana yang tidak ditutup atau wadah air yang tidak diikat, melainkan wabah itu akan turun padanya.” (HR. Bukhari, 3/1195, 3106)

Bisa jadi itulah diantara sebabnya yaitu lupa/enggan menutup gelas minum ataupun makanan di suatu malam (dimana bertepatan dengan turunnya wabah) tersebut.. Oleh karenanya Nabi Shalallahu alaihi wasallam bersabda :

ูˆูŽุฃูŽูˆู’ูƒููˆุง ุงู„ู’ุฃูŽุณู’ู‚ููŠูŽุฉูŽ ูˆูŽุฎูŽู…ู‘ูุฑููˆุง ุงู„ุทู‘ูŽุนูŽุงู…ูŽ ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽุฑูŽุงุจูŽ

โ€œTutuplah pintu-pintu serta tutuplah bejana serta wadah-wadah makan dan minum kalian.” (HR. Bukhori 5624)

ูˆูŽุฃูŽูˆู’ูƒููˆุง ุงู„ู’ุฃูŽุณู’ู‚ููŠูŽุฉูŽ ูˆูŽุฎูŽู…ู‘ูุฑููˆุง ุงู„ุทู‘ูŽุนูŽุงู…ูŽ ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽุฑูŽุงุจูŽ ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุนู’ุฑูุถููˆุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุจูุนููˆุฏู

โ€œTutuplah bejana serta tempat makan dan minum, walaupun hanya engkau taruh sepotong kayu di atasnya.” (HR. Ahmad 14597)

๐Ÿ‘ค Imam An-Nawawi rahimahullah berkata :
“Perintah Nabi Shallallahu alaihi wasallam untuk menutup bejana ini bertujuan untuk memperoleh keselamatan dari gangguan setan. Allah Ta’ala menjadikan hal itu sebagai sebab terhindarnya seorang hamba dari gangguannya, karena setan tidak bisa membuka bejana, jika sebab yang disebutkan tadi (dengan menyebut nama Allah) dilakukan.” (Syarah Shahih Muslim, 13/185)

Tutuplah makan dan minummu.. jika tak engkau jumpai satu tutup pun untuk menutupnya, maka tutuplah meskipun dengan sebuah ranting/pen/pensil dan sebutlah nama Allah Ta’ala saat menutupnya..
Semoga Allah menjaga kita dalam kebaikan dan kesehatan..

__________________________

  • โœ Penyusun | Abdullah bin Suyitno (ุนุจุฏุงู„ู„ู‡ ุจู† ุตูŠุชู†)ย 
  • Disusun 10 Jumadal Tsani 1438 H / 9 Maret 2017

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Celalah Diri Kita Sendiri

Fudhail bin ‘Iyadh rahimahullah mencela dirinya sendiri dengan berkata : ูŠุง ู…ุณูƒูŠู†! ุฃู†ุช ู…ุณูŠุกุŒ ูˆุชุฑู‰ …

Meyakini Bebas Memilih Agama Sesukanya ?

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata: ู…ู† ุงุนุชู‚ุฏ ุฃู†ู‡ ูŠุฌูˆุฒ ู„ุฃุญุฏ ุฃู† ูŠุชุฏูŠู† ุจู…ุง …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com