Home / Artikel / PERBAIKILAH JIWA DAN AMAL

PERBAIKILAH JIWA DAN AMAL

👤 Abu Sulaiman ad-Darani rahimahullah berkata :
“Orang yang menyucikan jiwa pasti akan disucikan, orang yang mengeruhkannya tentu akan dikeruhkan, orang yang berbuat baik di malam hari pasti akan memperoleh balasan di siang hari dan orang yang berbuat baik di siang hari tentu akan mendapat balasan di malam hari.” (Hilyah al-Auliya, 9/255)

👤 Fudhail bin iyadh rahimahullah berkata :

“Perbuatan maksiat yang saya lakukan bisa saya ketahui melalui sikap binatang tungganganku dan budakku.”

🔴 Ketahuilah, orang yang dungu tak mengetahui kondisi dirinya, dan hanya orang yang menghisab dirinya yang mengetahui pasang-surut kebaikannya.
🔴 Karena itu, jika engkau melihat kekacauan pada sesuatu, ingatlah bahwa ada sebuah nikmat yang tidak disyukuri atau kesalahan yang telah dikerjakan. Waspadai berpalingnya nikmat dan datangnya azab yang tak terkira, dan jangan terkecoh oleh luasnya pengampunan, karena ia bisa saja dipersempit secara tiba-tiba!

إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

“Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (Qs. Ar-Ra’d 11)

👤 Abu Ali ar-Raudzabari rahimahullah berkata :

“Termasuk bentuk keterpedayaan adalah engkau berbuat jahat tetapi engkau diperlakukan dengan baik hingga engkau pun tak punya niat taubat karena menyangka kesalahan-kesalahan yang kamu lakukan sudah diabaikkan.”

____________________________

  • Shaid al-Khathir, karya Ibnu al-Jauzi, hal 39-40
  • Abdullah bin Suyitno (عبدالله بن صيتن)

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Perkara Yang Tidak Memiliki Keburukan Sama Sekali

Aun bin Abdullah rahimahullah berkata: الخير الذي لا شر فيه: الشكر مع العافية، فكم من …

Bahaya Kawan Yang Gemar Berjidal (berdebat)

Muhammad bin Sirin rahimahullah berkata: لا تجادل إلا رجلا إن كلمته رجوتَ أن يرجع، فأمّا …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com