Home / Tanya Jawab / Jawaban Dari Istikharoh

Jawaban Dari Istikharoh

PERTANYAAN :
Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh
Bagaimana kita bisa mengetahui jawaban dari istikhoroh kita? Apabila melalui mimpi, sangat mungkin mimpi itu terintervensi oleh setan. Maka bagaimana bisa tahu bahwa mimpi tersebut jawaban dari istikhoroh kita.

Apabila melalui kemantapan hati, bagaimana jika sudah sampai saatnya untuk memberikan keputusan namun belum merasa mantap hatinya? Apakah belum mantapnya hati sebagai bentuk bahwa jawaban dari istikhoroh kita adalah tidak, ataukah memang belum diberikan petunjuk oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala? Mohon jawabanya.

JAWABAN :
Wa’alaikumussalam warohmatullah wabarokatuh.
Setelah istikhoroh kita tidak perlu menunggu adanya mimpi atau isyarat-syarat tertentu, namun lakukanlah apa yang anda ingin lakukan, insya Allah apa yang Allah mudahkan bagi anda untuk melakukannya, itulah pilihan Allah bagi Anda. Karena dalam doa istikhoroh kita minta agar bilamana apa yang ingin kita lakukan tersebut baik bagi diri, dunia, dan agama kita; maka mudahkanlah dan berkahilah hal tersebut .

🔴 Namun jika sebaliknya, maka palingkanlah aku darinya dan palingkan ia dariku. Ini berarti jika setelah istikhoroh kita tetap mantap melakukannya maka itulah pilihan yg terbaik, namun bila ternyata kita malah ragu atau mengurungkan niat utk melakukannya, maka itulah pilihan yg terbaik pula.

🔴 Jika anda belum mantap ya berarti diurungkan saja, karena itu semakna dengan dipalingkan dari suatu urusan.
Wallaahu a’lam.

______________________________________

  • Ustadz Dr. Sufyan Baswedan. Lc. MA

About Abdullah bin Suyitno

Avatar
Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Perhatikan ! Bagi Yang Senang Mendapat Pujian

Wahb bin Munabbih rahimahullah berkata : إذا مدحك الرجل بما ليس فيك فلا تأمنه أن …

Sebab Seorang Tidak Memiliki Adab Yang Baik

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata : ‏الأخلاق ⁩ تكون بالاكتساب وتكون بالجبلة وهذا …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com