Home / Nasehat Ulama / BEGINILAH KONDISI ADZAB KUBUR

BEGINILAH KONDISI ADZAB KUBUR

๐Ÿ‘ค Syaikh Sholih al-Fauzan hafidzahullah berkata :

ุนุฐุงุจ ุงู„ู‚ุจุฑ ุนู„ู‰ ู†ูˆุนูŠู† : ุงู„ู†ูˆุน ุงู„ุฃูˆู„ : ุนุฐุงุจ ุฏุงุฆู… ูˆู‡ูˆ ุนุฐุงุจ ุงู„ูƒูุงุฑุ› ูƒู…ุง ู‚ุงู„ ุชุนุงู„ู‰ : ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู ูŠูุนู’ุฑูŽุถููˆู†ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ุบูุฏููˆู‘ู‹ุง ูˆูŽุนูŽุดููŠู‘ู‹ุง . ุงู„ู†ูˆุน ุงู„ุซุงู†ูŠ :ูŠูƒูˆู† ุฅู„ู‰ ู…ุฏุฉ ุซู… ูŠู†ู‚ุทุนุŒ ูˆู‡ูˆ ุนุฐุงุจ ุจุนุถ ุงู„ุนุตุงุฉ ู…ู† ุงู„ู…ุคู…ู†ูŠู†ุŒ ููŠุนุฐุจ ุจุญุณุจ ุฌุฑู…ู‡ ุซู… ูŠุฎูู ุนู†ู‡. ูˆู‚ุฏ ูŠู†ู‚ุทุน ุนู†ู‡ ุงู„ุนุฐุงุจ ุจุณุจุจ ุฏุนุงุก ุฃูˆ ุตุฏู‚ุฉ ุฃูˆ ุงุณุชุบูุงุฑ. 

๐Ÿ”ด Adzab kubur ada dua :

1โƒฃ PERTAMA adalah : Adzab kubur yang sifatnya terus menerus dan ini adalah adzab yang akan menimpa orang kafir sebagaimana Allah Ta’ala berfirman :

“Neraka akan diperlihatkan kepada mereka di pagi dan petang hari.” (Qs. Ghafir 46)

2โƒฃ KEDUA : Adzab kubur yang sifatnya sementara dan untuk selanjutnya akan sirna dan ini merupakan adzab yang akan menimpa sebagian pelaku maksiat dari kalangan kaum mukminin.

Dia akan diadzab sesuai dosanya untuk kemudian diringankan kadar siksaanya dan terkadang dihilangkan darinya adzab kubur karena : Do’a, Sedekah atau Permohonan ampun dari orang orang yang masih hidup.

_____________________________

  • Syarh aqidah wasitiyyah 132

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Jika Engkau Merasa Berat

Wahai saudaraku.. Jika engkau merasa berat menghadapi kehidupan ini.. Atau engkau merasa takjub dengan apa …

Hukum Menerangi Maqam-Maqam Para Wali Dan Bernazar Di Sana

PERTANYAAN: Apakah hukum menerangi maqam-maqam para wali dan bernadzar di sana?   JAWABAN: Memerangi maqam-maqam …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com