Home / Nasehat Ulama / 4 Jenis Manusia Terhadap Kedudukan

4 Jenis Manusia Terhadap Kedudukan

๐Ÿ‘ค Ibnu Taimiyyah Rahimahullah berkata :

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

ุชูู„ู’ูƒูŽ ุงู„ุฏู‘ูŽุงุฑู ุงู„ู’ุขุฎูุฑูŽุฉู ู†ูŽุฌู’ุนูŽู„ูู‡ูŽุง ู„ูู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ู„ูŽุง ูŠูุฑููŠุฏููˆู†ูŽ ุนูู„ููˆู‘ู‹ุง ูููŠ ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽู„ูŽุง ููŽุณูŽุงุฏู‹ุง ูˆูŽุงู„ู’ุนูŽุงู‚ูุจูŽุฉู ู„ูู„ู’ู…ูุชู‘ูŽู‚ููŠู†ูŽ

“Itulah negeri akhirat Kami menyiapkannya bagi orang-orang yang tidak menginginkan ketinggian (kedudukan) di dunia dan (berbuat) kerusakan, dan akibat yang baik bagi orang-orang yang bertaqwa.” (Qs. Al Qashash 83)

Ayat yang mulia ini mengelompokkan (membagi) manusia menjadi 4 golongan :

Pertama : Orang yang menginginkan kedudukan dan ketinggian atas sekalian manusia dan berbuat kerusakan di bumi. Mereka adalah para raja dan penguasa yang menebar kerusakan, seperti Fir’aun dan golongannya. Mereka ini adalah makhluk yang paling buruk di jagad raya.

Kedua : Orang yang berbuat kerusakan tanpa menginginkan kedudukan di bumi, seperti pencuri dan orang fasik dari kalangan manusia biasa.

Ketiga : Orang yang menginginkan kedudukan dan ketinggian atas segenap manusia tanpa melakukan kerusakan, seperti ahli agama yang mengejar kedudukan di mata manusia.

Keempat : Orang yang tidak menginginkan ketinggian ataupun kedudukan di mata manusia dan tidak berbuat kerusakan di bumi. Mereka adalah sebaik-baik makhluk dan termasuk ahli surga.

___________________________

  • Majmu Fatawa lil Ibnu Taimiyyah 28/392

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Menganggap Diri Lebih Baik?

Sufyan ats-Tsauri rahimahullah berkata : “Berbangga Diri, sampai-sampai dikhayalkan, “bahwa engkau lebih baik dari pada …

Hukum Barang Yang Sudah Dibeli Tidak Boleh Dikembalikan Atau Ditukar?

Hukum barang yang sudah dibeli tidak boleh dikembalikan atau ditukar ุงู„ุจุถุงุนุฉ ุงู„ู…ุจุงุนุฉ ู„ุง ุชุฑุฏ ูˆู„ุง …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com