Breaking News
Home / Mutiara Salaf / Sebab Seorang Tidak Memiliki Adab Yang Baik

Sebab Seorang Tidak Memiliki Adab Yang Baik

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata :

‏الأخلاق ⁩ تكون بالاكتساب وتكون بالجبلة وهذا شيء مشاهد فكثيرا ما يصاحب الإنسان شخصاً فيجلس إليه ويكتسب منه خلقه ولو كان دونه في المرتبة أو في السن ».

Akhlak ada yang bisa diperoleh dengan usaha dan ada yang memang sudah menjadi watak dasar. Hal ini adalah sesuatu yang bisa disaksikan.

Betapa banyak orang memiliki akhlak mulia disebabkan dia sering menyertai dan duduk bermajelis dengan seorang yang memiliki akhlak mulia. Dia mempelajari dan berusaha meniru akhlaknya, meskipun kedudukan dan umur orang tersebut berada di bawahnya.

📚 At-Ta’liq ‘Ala Shahih Muslim, 5/72

About Abdullah bin Suyitno

Avatar
Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Cara Menghilangkan Kesedihan

Syaikh Abdurrahman as-Sa’dy rahimahullah berkata : ومن الأسباب التي تُزيل الهم والغم والقلق: الإحسان إلى …

Dampak Maksiat Terhadap Sebuah Negeri

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah berkata : والله إن المعاصي لتؤثر في أمن البلاد …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com