Home / Kisah Berhikmah / Jangan Remehkan Amalan Orang Lain

Jangan Remehkan Amalan Orang Lain

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

Jangan remehkan amalan orang lain

إِنَّ عَبْدَ اللهِ ‌العُمَرِيَّ العَابِدَ كَتَبَ إِلَى ‌مَالِكٍ يَحُضُّهُ عَلَى الانْفِرَادِ وَالعَمَلِ، فَكَتَبَ إِلَيْهِ ‌مَالِكٌ: إِنَّ اللهَ قَسَمَ الأَعْمَالَ كَمَا قَسَمَ الأَرْزَاقَ، فَرُبَّ رَجُلٍ فُتِحَ لَهُ فِي الصَّلَاةِ، وَلَمْ يُفتَحْ لَهُ فِي الصَّوْمِ، وَآخَرَ فُتِحَ لَهُ فِي الصَّدَقَةِ، وَلَمْ يُفتَحْ لَهُ فِي الصَّوْمِ، وَآخَرَ فُتِحَ لَهُ فِي الجِهَادِ.
فَنَشْرُ العِلْمِ مِنْ أَفْضَلِ أَعْمَالِ البِرِّ، وَقَدْ رَضِيْتُ بِمَا فُتِحَ لِي فِيْهِ، وَمَا أَظُنُّ مَا أَنَا فِيْهِ بِدُوْنِ مَا أَنْتَ فِيْهِ، وَأَرْجُو أَنْ يَكُوْنَ كِلَانَا عَلَى خَيْرٍ وَبِرٍّ.

Abdullah Al-Umari, seorang ahli ibadah, pernah menyurati Imam Malik (yang sibuk mengajar hadits) agar banyak menyendiri dan beramal shalih saja. Maka Imam Malik pun membalasnya:

“Sesungguhnya Allah telah membagi amalan sebagaimana pembagian rizki. Ada orang yang dimudahkan untuk memperbanyak shalat, namun tidak dimudahkan untuk mengerjakan puasa. Ada juga orang yang dimudahkan untuk memperbanyak sedekah, namun tidak dimudahkan untuk memperbanyak puasa. Ada juga orang-orang yang dimudahkan untuk berjihad (namun tidak dimudahkan dalam amal lainnya).

Menyebarkan ilmu merupakan salah satu amal kebaikan yang paling utama. Aku ridha dengan apa yang Allah mudahkan untuk ku. Aku juga memandang amalanku ini tidaklah lebih rendah dari amalanmu dan aku berharap semoga kita berdua selalu dalam kebaikan dan ketaatan.”

(Siyar A’lam An-Nubala 8/114)

About Abdullah bin Suyitno

Avatar
Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Februari 2021)

Check Also

Renungan : “Bahayanya Sebuah Dosa”

Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah berkata : من أعظم الفقه أن يخاف الرجل أن تخدعه ذنوبه …

Bersungguh-sungguh Meski Sedikit Lebih Baik

Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah berkata : فقراءة آية بتفكر وتفهم خير من قراءة ختمة بغير …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com