Home / Mutiara Salaf / SAYANGILAH SAUDARAMU

SAYANGILAH SAUDARAMU

Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin rahimahullah berkata:

🔺 حاول أن تمسح البغضاء من قلبك بالنسبة ﻹخوانك المسلمين، وإذا حاولت ذلك فهذا أقرب إلى إصلاح المسلمين
🔺 لأن مناصحة من تبغضه ثقيلة جدا على النفس ، لأنك تبغضه وقلبك ينفر منه فيصعب عليك أن تناصحه 
🔺 لكن إذا أبقيت المودة في قلبك سهل عليك مناصحته فيما قد يكون سببا لبغضه

🔺Cobalah untuk menghapus kebencian dari hatimu karena sejatinya dia saudaramu muslimin, dan apabila engkau telah merubah itu maka ini lebih mendekati kepada kedamaian muslimin.
🔺Karena menasehati orang yang engkau benci teramat berat bagi jiwa, karena engkau membencinya dan hatimu pun lari darinya sehingga sulit bagimu untuk menasehatinya.
🔺Akan tetapi apabila engkau biarkan kasih sayang (tumbuh) di dalam kalbumu maka akan menjadi mudah bagimu untuk menasehatinya tentang apa yang menjadi sebab untuk membencinya (yaitu dari hal-hal buruk yang diucapkan atau yang dilakukan).

_____________________________

  • Syarah Shahih Muslim 7 : 362

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Siapa Saja Yang Tidak Boleh Mencukur Rambut Ketika Berqurban?

Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah berkata: وإذا دخل شهر ذي الحجة وهو عازم على …

Pahala Berqurban Mengalahkan Pahala Sedekah

Syaikh Shalih al-Fauzan hafidzahullah pernah ditanya: أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكُمْ يَا شَيْخ صَالِحُ هُنَاكَ مَنْ يَرَى …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com