Home / Fatwa / Perginya Wanita ke Dokter Laki-Laki

Perginya Wanita ke Dokter Laki-Laki

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

PERTANYAAN :
Seorang wanita terpaksa harus pergi ke dokter laki-laki untuk memeriksanya dengan menampakkan bagian tubuhnya. Bagaimana hukum syari’at mengenai hal ini?

JAWABAN :
Tidak apa-apa perginya wanita ke dokter laki-laki jika tidak ada dokter wanita, para ahlul ilmi menyebutkan bahwa hal itu tidak apa-apa. Ia pun boleh membukakan bagian tubuhnya yang perlu diperiksa kepada dokter yang memeriksanya, hanya saja harus disertai dengan mahramnya dan tidak bolek khulwat (hanya berduaan) dengan dokter tersebut, karena khulwat itu hukumnya haram. Para ahlul ilmi telah menyebutkan bahwa diperbolehkannya yang seperti ini karena haramnya itu haram yang perantara, sementara sesuatu yang diharamkan kerena pengharaman perantara adalah dibolehkan saat dibutuhkan

______

👤 Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin rahimahullah

📚 Fatawa syaikh ibnu Utsaimin, juz 2, hal.856

About Abdullah bin Suyitno

Avatar
Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Hukum Menangguhkan Shalat Hingga Malam Hari

PERTANYAAN : Banyak tenaga kerja yang menangguhkan shalat Zhuhur dan Ashar hingga malam hari dengan …

Hukum Memakan Dari Hasil Pekerjaan Yang Haram

PERTANYAAN : Jika pekerjaan ayah saya haram, apa boleh kami memakan dari penghasilannya? Jika tidak …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com