Home / Fatwa / Nasihat Dan Pengarahan Bagi Pemuda Usia Dua Puluhan

Nasihat Dan Pengarahan Bagi Pemuda Usia Dua Puluhan

PERTANYAAN :
Bagaimana islamnya seorang Muslim dan apa yang harus dilakukan oleh seorang Muslim di dalam kehidupan yang serba materialistis dimana materi sangat memegang peranan dalam kehidupan manusia sehingga kadang-kadang membuat hati mereka keras membatu, na’udzu billah min dzalik.

Apa nasihat dan pengarahan Syaikh untuk saya sebagai pemuda usia dua puluhan di pelataran dunia yang seperti ini? Buku-buku apa saja yang Syaikh anjurkan untuk kami baca?

JAWABAN :
Hendaknya anda bertakwa kepada Allah dan mentaatiNya serta mentaati RasulNya Shallallahu ‘Alaihi wasallam, berpegang teguh dengan Kitab Allah Subhanahu wa ta’ala dan Sunnah RasulNya Shallallahu ‘Alaihi wasallam, melaksanakan hal-hal yang anda butuhkan dan menghindari hal-hal yang tidak anda perlukan dan menjauhi fitnah, bergaul dengan orang-orang baik dan menghindari orang-orang jahat, banyak membaca al-Qur’an sambil menghayati makna-maknanya, selalu berdzikir dengan dzikir-dzikir yang shahih yang bersumber dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wasallam dengan penuh kekhusyu’kan, membaca buku-buku yang membahas hukum-hukum dan wejangan-wejangan seperti; al-fawa’id, ad-daa’ wad dawaa’, keduanya karya Ibnul Qoyyim. Berdo’alah kepada Allah dalam sujud anda dengan doa-doa yang tersebut di dalam as-Sunnah dengan sungguh-sungguh dan khusyu’. Mudah-mudahan dengan begitu Allah menunjuki anda dan melapangkan dada anda untuk menerima kebaikan, serta menghindari anda dari berbagai fitnah, baik yang nyata maupun yang tersembunyi.
Buku lainnya yang perlu dibaca adalah Zaadul Ma’ad fi Huda Khiril ‘Ibad dan ighatsatul lahfan, keduanya karya Ibnul Qoyyim rahimahullah, Fathul Majid Syarh Kitabut Tauhid di samping juga mengkaji kitab ash-Shahihain dan Tafsir Ibnu Katsir. Shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

_______

๐Ÿ“š Fatwa Islamiyyah, Lajnah Da’imah (4/498)

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Sucinya Hati

๐Ÿ‘ค Syaikh Muhammad bin Shalih al- โ€˜Utsaimin rahimahullah berkata: “Bersemangatlah wahai saudaraku dalam membersihkan hatimu …

Kebaikan Hanya Dengan Pertolongan Allah

๐Ÿ‘ค Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata: ููŽู…ูŽุง ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูƒูู†ู’ ุจูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ู„ูŽุง ูŠูŽูƒููˆู’ู†ูุŒ ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽุง ุญูŽูˆู’ู„ูŽ ูˆูŽู„ูŽุง …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com