Home / Fatwa / MENGQADHA SHIYAM (PUASA) YANG TELAH TERLUPAKAN SELAMA 10 TAHUN

MENGQADHA SHIYAM (PUASA) YANG TELAH TERLUPAKAN SELAMA 10 TAHUN

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

PERTANYAAN : 

Seorang wanita tidak melakukan shiyam (puasa) selama sepuluh hari di bulan Ramadhan, kemudian dia lupa mengqadha shiyam (membayar puasa) kecuali setelah sepuluh tahun, apakah ia boleh membayar hutang shiyam (puasa) tersebut? 


JAWABAN: 

Ya, WAJIB bagi orang yang meninggalkan beberapa hari dari shiyam di bulan ramadhan, untuk membayarnya di waktu yang memungkinkan baginya, walaupun di akhir umurnya. Wajib baginya untuk membayar shiyam itu, kewajiban itu tidak gugur darinya, dan ia tidak akan terbebas dari hal itu sampai ia membayarnya, karena hal itu adalah hak bagi Allah ta’ala yang harus ditunaikan, 

🍃 Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Tunaikanlah (hak) Allah, sesungguhnya (hak) Allah lebih berhak untuk ditunaikan.” (HR. Bukhori 233) 

📌 Di samping membayar puasa, dia juga harus memberi makan orang miskin sebagai penundaan shiyam yang ia lakukan, yaitu memberi makan satu orang miskin untuk setiap hari yang ia tinggalkan. Memberikan makan orang miskin ini disebabkan karana penundaan shiyam yang dilakukan olehnya, sedangkan shiyamnya (qadha shiyam) adalah untuk membebaskan diri dari kewajiban yang termasuk salah satu rukun dari rukun Islam, yaitu shiyam (puasa). 
_____________________________

  • Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah
  • Al-Muntaqa Min Fatawa fadilah 3/132-134

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Februari 2021)

Check Also

Hukum Berpuasa Pada Hari Arafah Dengan Niat Qadho

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah PERTANYAAN: Apa hukum berpuasa hari Arafah dengan niat qadha? …

Mengapa Puasa Asyura Menghapus Dosa Setahun Saja, Sedangkan Puasa Arafah Menghapus Dosa Dua Tahun?

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata :Yang pertama:“الأوّل: أنّ يَـوم عَـرفة في شهر حرام ، وَقبله شَهر …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com