Home / Fatwa / Kriteria Dai Sukses Dan Bagaimana Mencapainya

Kriteria Dai Sukses Dan Bagaimana Mencapainya

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

PERTANYAAN :

Bagaimana menurut Syaikh tentang dai yang sukses, kriteria apa yang harus dimilikinya yang bisa menambah peranan dakwah dan berpengaruh terhadap orang-orang yang didakwahinya?

JAWABAN :

Dai yang sukses adalah yang menguasai dalil, sabar menghadapi kesulitan, mengerahkan segala daya kemampuannya untuk berdakwah walaupun menghadapi berbagai rintangan, walaupun harus mengalami kelelahan, tidak melemah karena rintangan menimpanya atau cemoohan yang didengarnya, bahkan tetap tabah dan mengerahkan segala kemampuannya untuk berdakwah dengan berbagai sarana dengan tetap melaksanakannya sesuai dalil dan menempuh cara yang baik sehingga dakwahnya bertopang pada landasan yang kuat, yang diridhai Allah, RasulNya dan kaum Muslimin. Di samping itu tidak bersikap menggampangkan sehingga tidak berbicara atas nama Allah tanpa ilmu. Seorang dai hendaknya senantiasa mempraktekan dalil-dalil syar’iyyah dengan utuh dan sabar dalam menghadapi kesulitan saat menjalankannya, karena ia sedang mengajak manusia kejalan Allah, baik itu melalui media massa atau melalui pengajaran formal. Itulah kriteria dai yang sukses dan berhak memperoleh pujian yang baik dan kedudukan yang tinggi di sisi Allah jika ia melaksanakannya dengan ikhlas karena Allah.

 

____

 

:bust_in_silhouette: Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah

:books: Majmu’ fatawa wa maqalat mutanawwi’ah, juz 5, hal. 267-268

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Februari 2021)

Check Also

Hukum Berpuasa Pada Hari Arafah Dengan Niat Qadho

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah PERTANYAAN: Apa hukum berpuasa hari Arafah dengan niat qadha? …

Mengapa Puasa Asyura Menghapus Dosa Setahun Saja, Sedangkan Puasa Arafah Menghapus Dosa Dua Tahun?

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata :Yang pertama:“الأوّل: أنّ يَـوم عَـرفة في شهر حرام ، وَقبله شَهر …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com