Home / Fatwa / Kriteria Dai Sukses Dan Bagaimana Mencapainya
To reach this spot, I had to scramble for about 30 feet on rocks. What made it worse was that these rocks were filled with moss and very slippery. At one point I stopped and stood staring at the ocean, contemplating whether to give up. But the photographer inside me egged me on and I managed to plonk my tripod where I wanted. The wind was strong and there was wave after wave crashing on rocks around me. There were some close calls and I narrowly avoided getting drenched. Captured a beautiful sunset, watched some sea gulls and sea lions and drove back home with good music and the quiet satisfaction of a job well done :)

Kriteria Dai Sukses Dan Bagaimana Mencapainya

PERTANYAAN :

Bagaimana menurut Syaikh tentang dai yang sukses, kriteria apa yang harus dimilikinya yang bisa menambah peranan dakwah dan berpengaruh terhadap orang-orang yang didakwahinya?

JAWABAN :

Dai yang sukses adalah yang menguasai dalil, sabar menghadapi kesulitan, mengerahkan segala daya kemampuannya untuk berdakwah walaupun menghadapi berbagai rintangan, walaupun harus mengalami kelelahan, tidak melemah karena rintangan menimpanya atau cemoohan yang didengarnya, bahkan tetap tabah dan mengerahkan segala kemampuannya untuk berdakwah dengan berbagai sarana dengan tetap melaksanakannya sesuai dalil dan menempuh cara yang baik sehingga dakwahnya bertopang pada landasan yang kuat, yang diridhai Allah, RasulNya dan kaum Muslimin. Di samping itu tidak bersikap menggampangkan sehingga tidak berbicara atas nama Allah tanpa ilmu. Seorang dai hendaknya senantiasa mempraktekan dalil-dalil syar’iyyah dengan utuh dan sabar dalam menghadapi kesulitan saat menjalankannya, karena ia sedang mengajak manusia kejalan Allah, baik itu melalui media massa atau melalui pengajaran formal. Itulah kriteria dai yang sukses dan berhak memperoleh pujian yang baik dan kedudukan yang tinggi di sisi Allah jika ia melaksanakannya dengan ikhlas karena Allah.

 

____

 

👤 Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah

📚 Majmu’ fatawa wa maqalat mutanawwi’ah, juz 5, hal. 267-268

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Dampak Cemas Berlebihan Bagi Kesehatan

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata : على كل إنسان أصيب بمصيبة أن يصبر، …

Hukum Menempati Buku Yang Mengandung Ayat-Ayat Al-Qur’an Di Hadapan Orang-Orang Nasrani

PERTANYAAN : Apakah boleh saya menempatkan buku-buku yang mengandung ayat-ayat yang mulia yang mengupas tentang …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com