Home / Fatwa / HUKUM WARISAN YANG TERCAMPUR RIBA

HUKUM WARISAN YANG TERCAMPUR RIBA

PERTANYAAN :

Apa hukumnya harta warisan yang bercampur dengan hasil riba?


JAWABAN :

المال الموروث حلالٌ للوارث، وإن كان المورث قد اكتسبه من حرام، إلا إذا علمنا أن هذا المال الموروث مالٌ لآخرين بحيث نعرف أن هذا المال مسروقٌ من فلان، أو مغتصبٌ منه فحينئذٍ لا يحل لنا، بل يجب رده على صاحبه إبراءً لذمة الميت، واتقاءً لأخذ المال بالباطل. أما إذا كان حراماً بكسبه، كالأموال التي اكتسبها الميت بالربا فهي حلالٌ للورثة وإثمها على الميت     

🔴 Harta warisan halal untuk ahli waris. Meskipun dahulu orang yang mewariskan harta itu mendapatkannya dengan cara yang haram.

❌ Kecuali jika kita mengetahui bahwa harta warisan itu milik orang lain. Dimana kita mengetahui bahwa harta tersebut adalah hasil curian dari seseorang atau diambil dengan cara ghasab darinya maka harta tersebut tidak halal untuk kita. Bahkan wajib dikembalikan kepada pemiliknya untuk melepaskan tanggungan mayit dan jangan sampai kita mengambil harta dengan cara yang batil.

🔴 Adapun jika harta itu dihasilkan dengan cara yang haram. Seperti harta yang didapatkan oleh mayit dengan cara riba, maka halal bagi ahli waris dan dosanya ditanggung mayit.

_____________________________

  • Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah.
  • silsilah fatawa nur ‘alad darb. Kaset 351

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Kriteria Dai Sukses Dan Bagaimana Mencapainya

PERTANYAAN : Bagaimana menurut Syaikh tentang dai yang sukses, kriteria apa yang harus dimilikinya yang …

Apa Yang Dimaksud Dengan Hikmah

PERTANYAAN : Apa yang dimaksud dengan hikmah? dan bagaimana seorang Muslim bisa menyandangnya? JAWABAN :

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com