Home / Fatwa / Hukum Menjual Barang Secara Kredit Tetapi Barang Tersebut Belum Menjadi Milik Si Penjual Ketika Menjualnya

Hukum Menjual Barang Secara Kredit Tetapi Barang Tersebut Belum Menjadi Milik Si Penjual Ketika Menjualnya

PERTANYAAN :

Saya pernah datang ke salah sesorang penjual kredit mobil, namun mobil yang ada padanya tidak ada yang cocok dengan selera saya, lantas dia berkata kepada saya, “pergilah ke pameran-pameran mobil apa saja dan pilihlah mana yang anda sukai, kami akan membayar harganya dan mencatatkannya untuk anda secara kredit”, padahal mobil tersebut belum menjadi milik si pemberi kredit? Mohon diberikan fatwa tentang masalah ini, semoga Allah menganjar pahala buat anda.

JAWABAN :

Masalah ini haram hukumnya karena merupakan pengelabuan (siasat licik) untuk melakukan riba, seakan-akan dia berkata, “Aku pinjamkan kepada anda harganya dengan bunga yang disepakati atasnya”. Pengelabuan seperti ini tidak dapat menjadikan apa yang diharamkan Allah halal bahkan hanya menjadikannya bertambah buruk dan rusak. Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

 

لَا تَرْتَكِبُوْا مَا ارْتَكَبَتِ الْيَهُوْدُ فَتَسْتَحِلُّوْا مَحَارِمَ اللهِ بِأَدْنَى الْحِيَلِ

 

“Janganlah kamu melakukan dosa sebagaimana dosa yang dilakukan oleh orang-orang Yahudi sehingga (karenanya) kamu menghalalkan apa-apa yang diharamkan oleh Allah (sekalipun) dengan serendah-rendah (bentuk) siasat licik” (Ibnu Baththah dalam kitabnya Ibthalul Hiyal, hal. 24; lihat juga, Irwaul Ghalil, no. 1535)

 

Sebab, mengelabui hal yang diharamkan merupakan bentuk mukhada’ah (gaya menipu) terhadap Allah subhanahu wa ta’ala.

 

____

 

👤 Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah

📚 As ‘ilatun Min Ba’dli Ba’i’is Sayyarat, hal. 13

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Koreksilah Dirimu Dengan Kitabullah

Hasan al-Bashri rahimahullah berkata : رحم الله رجلا خلا بكتاب الله فعرض عليه نفسه، فإن …

Bahaya Cinta Kepemimpinan

Fudhail bin ‘Iyadh rahimahullah berkata : . ما منْ أحَدٍ أَحبَّ الرِّئَاسَةَ إِلَّا حسدَ وبغَى …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com