Home / Fatwa / Hukum Menjaga Tutur Kata Terhadap Manager Padahal Ia Tidak Suka

Hukum Menjaga Tutur Kata Terhadap Manager Padahal Ia Tidak Suka

PERTANYAAN :
Apakah orang yang mendekati managernya dengan tutur kata yang baik dan hadiah berharga serta sopan terhadapnya, padahal ia tidak menyukainya dan mengharapnya diganti oleh orang lain, apakah hal ini termasuk kemunafikan? Perlu diketahui bahwa manajer itu memiliki sifat-sifat yang baik.

JAWABAN :
Bismillah, walhamdulillah. Yang wajib adalah menasehatinya karena Allah dan mendoakan kebaikan untuknya agar Allah memberinya petunjuk dan meluruskannya. Seharusnya tidak memberinya hadiah, karena memberi hadiah dalam kondisi seperti itu bisa berarti sogokan Hendaklah memberinya nasehat dan mendoakannya dalam sujud dan di akhir shalat, mudah-mudahan Allah menunjukkannya dan menolongnya dalam melaksanakan amanat. Seorang Mukmin adalah cermin saudaranya sesama Mukmin. Jauhi kemunafikan dan sogokan. Adapun perkataan yang baik, tentu saja dituntut, seperti; assalamu’alaikum, bagaimana kabar anda, bagaimana kabar keluarga anda, dan sebagainya.

____

👤 Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah

📚 Fatawa Muwazhzhafin wal ‘Ummal, hal. 65-66

About Abdullah bin Suyitno

Avatar
Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Waktu Mustajab Di Malam Hari

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : إِنَّ …

Tanda Kebahagiaan

Ibnu Hajar Al Asqolani rahimahullah berkata: . من علامة السـعادة ، أَن تُطيع ، وتَخاف …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com