Home / Fatwa / BOLEHKAH TARAWIH DI RUMAH JIKA MENDAPATI IMAM TARAWIH BEGITU CEPAT?

BOLEHKAH TARAWIH DI RUMAH JIKA MENDAPATI IMAM TARAWIH BEGITU CEPAT?

PERTANYAAN :

Di semua masjid kami, mereka salat tarawih sangat cepat sekali. Sampai-sampai, mereka salat sebelas rakaat dalam waktu sepertiga jam (sekitar 20 menit) bahkan kurang. Saya ingin salat tarawih dengan khusyuk. Apakah yang afdhal bagi saya?, apakah salat bersama mereka, padahal mereka tidak khusyuk, dengan berdasarkan hadits, “Siapa yang salat bersama imam..” atau (lebih baik bagi)saya salat di rumah bersama dengan keluarga?


JAWABAN :

لو كنتُ مكانك ما صَلَّيتُ مع هؤلاء الأئمة؛ إذا كان الأمر كما تذكر ، صلاة تراويح إحدى عشر ركعة في ثلث ساعة! هذه نقر وليست صلاة ، فصلِّ في بيتك.

Kalau saya ada di posisimu, saya tidak akan salat bersama imam tersebut, jika perkaranya seperti yang engkau sebutkan. Salat tarawih sebelas rakaat dalam sepertiga jam?! Ini mematuk, bukan salat. Maka salatlah di rumahmu.
___________________________

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Perhatikan, Jika Ingin Selamat Dari Ngerinya Sakaratul Maut Dan Hari Kiamat.

Abdullah Ibnul Mubarak rahimahullah mengatakan, ﺭﺃﻳﺖ ﻣﺎﻟﻜﺎ ﻓﺮﺃﻳﺘﻪ ﻣﻦ اﻟﺨﺎﺷﻌﻴﻦ ﻭﺇﻧﻤﺎ ﺭﻓﻌﻪ اﻟﻠﻪ ﺑﺴﺮﻳﺮﺓ ﺑﻴﻨﻪ …

Hukum Seleksi Pegawai Dengan Tujuan Menghalangi Orang Lain Untuk Lolos

PERTANYAAN : Jika ada dua orang yang mengikuti seleksi pekerjaan yang mana masing-masing mereka telah …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com