Home / Fatwa / Mitos : Tidak Boleh Menyisir Rambut Saat Haid?

Mitos : Tidak Boleh Menyisir Rambut Saat Haid?

PERTANYAAN :
Saya sering mendengar bahwa menyisir rambut waktu haid tidak diperbolehkan, begitu juga tidak diperbolehkan memotong kuku. Apakah hal ini dibenarkan atau tidak?

JAWABAN :
Ini Tidak Benar. Wanita haid diperbolehkan memotong kuku dan menyisir rambutnya. Diperbolehkan pula baginya mandi karena junub. Seperti ketika dia bermimpi ‘basah’ sementara dia dalam kondisi haid, maka hendaknya dia mandi janabat. Atau dia bercumbu dengan suaminya tanpa jima’ (bersetubuh) sampai mengeluarkan air mani, maka hendaknya dia mandi janabat.
🔹Beberapa pendapat yang populer dan beredar di kalangan sebagian wanita bahwa tidak boleh mandi, tidak boleh bersisir, tidak boleh menyentuh kepala dan tidak boleh memotong kukunya (ketika haid atau nifas) adalah pendapat yang tidak ada landasan dasarnya dalam syari’at islam/(tidak ada dalilnya).”

__________

Penjelasan Tambahan :
Dalam hadits dijelaskan bahwa ketika Aisyah mengikuti haji bersama Nabi shalallahu alaihi wasallam sesampainya di Mekkah beliau mengalami haid. Kemudian Nabi shalallahu alaihi wasallam bersabda :

دعي عمرتك وانقضي رأسك وامتشطي

“Tinggalkan umrahmu, lepas ikatan rambutmu dan bersisirlah.” (HR. Bukhori 317 dan Muslim 1211)

_____________________________

  • Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin
  • Fatawa Az-Ziinah Wal Mar’ah 9

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Jangan Bermaksiat Lagi Setelah Lebaran

👤 Ka’ab Al Ahbar rahimahullah (tabiin) berkata: “Barangsiapa puasa Ramadhan sedangkan dalam hati dia berniat …

Shalat Yang Paling Utama Di Sisi Allah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ” أفضل الصلوات عند الله صلاة الصبح يوم الجمعة في …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com