Home / Artikel / SADARILAH BAHWA ANAK-ANAK ADALAH FITNAH…

SADARILAH BAHWA ANAK-ANAK ADALAH FITNAH…

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

إِنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ وَاللَّهُ عِنْدَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ

“Sesungguhnya harta dan anak-anak kalian hanyalah fitnah (cobaan), dan di sisi Allah-lah pahala yang besar.” (Qs. At-Taghabun 15)

👤 Ibnu Katsir rahimahullah berkata : 

“Harta dan anak-anak adalah fitnah, yakni UJIAN dan COBAAN dari Allah terhadap makhluk-Nya, untuk diketahui siapa yang mentaati-Nya dan siapa yang menentang-Nya.” (Tafsir Ibnu Katsir)

___________________

👤 Syaikh Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullah berkata :

“Di antara yang semestinya bagi seorang mukmin ketika Allah anugrahkan padanya anak-anak, hendaknya dia sangat perhatian untuk bersyukur kepada Allah, berdo’a kepada Allah agar dijadikan sebagai anak shalih, dan semoga Allah tumbuhkan dia dengan pertumbuhan yang baik. Karena anak-anak adalah fitnah. Apabila Allah tumbuhkan dia dengan pertumbuhan yang baik dan Allah baikkan kondisinya, maka anak itu menjadi nikmat yang besar, baik anak laki maupun anak perempuan.”

___________________________

  • Syaikh Abdul Aziz bin Baz, Fatawa Nur ‘ala ad-Darb, 18 : 237

About Abdullah bin Suyitno

Avatar
Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Tanda Kebahagiaan

Ibnu Hajar Al Asqolani rahimahullah berkata: . من علامة السـعادة ، أَن تُطيع ، وتَخاف …

Mengungkit-Ungkit Pemberian Menggugurkan Pahala Amal

Allah Ta’ala berfirman : يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا تُبۡطِلُواْ صَدَقَٰتِكُم بِٱلۡمَنِّ وَٱلۡأَذَىٰ “Wahai orang-orang yang …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com