Home / Doa dan Amalan / ISTIGFAR, KUNCI RIZKI YANG TERLUPAKAN.

ISTIGFAR, KUNCI RIZKI YANG TERLUPAKAN.

Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah Maha Pemberi rizki bagi seluruh makhlukNya, dan Allah pulalah yang telah memberikan kunci-kunci rizkiNya. Dan diantara kuncinya adalah Istighfar, dan kunci ini sering sekali dilalaikan manusia saat mengharapkan rezki dari Allah. 

Jangankan bagi orang-orang yang tidak mengetahuinya, orang yang mengetahuinya pun kadang meremehkannya.

🔹Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :
فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا    

“mohonlah ampun kepada Rabb kalian, karena sesungguhnya Dia adalah Sang Maha Pengampun’ Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepada kalian dengan lebat. Dan membanyakkan harta dan anak-anak kalian, dan mengadakan untuk kalian kebun-kebun, serta mengadakan (pula di dalamnya) untuk kalian sungai-sungai. (Qs. Nuh 10-12)

🔹 Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam juga memberikan motivasi pada kita untuk memperbanyak istighfar, beliau bersabda :

مَن أَكْثَرَ الِاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجاً، وَمِنْ كُلِّ ضَيْقٍ مَخْرَجاً، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَحْتَسِبُ 

“Barangsiapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (HR. Ahmad dan al-Hakim)
Dengan demikian, Apapun kesulitan kita..Apapun kesedihan yang kita rasakan.. Apapun kegundahan yang menghantui kita..

Maka solusinya adalah memperbanyak istighfar. Bahkan dalam urusan dunia, baik masalah kemiskinan, dan juga belum adanya keturunan, maka jalan keluarnya adalah memperbanyak Istighfar kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala..

Semoga Allah mudahkan kita sebagai hamba-hambaNya agar bisa mengisi dan memenuhi detik-detik sisa hidup kita dengan memperbanyak istighfar dan memohon ampunan atas semua kesalahan dan dosa, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja..

Wallahu waliyyut taufiq.

___________________________

  • Abdullah bin Suyitno (عبدالله بن صيتن)

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Para Salaf Dalam Memandang Amalan Mereka

Ibnu Rajab al-Hanbaly rahimahullah berkata: كان السلف يجتهدون في أعمال الخير ويعدون أنفسهم من المقصرين …

Kemunafikan Berlapis

Ibnu Rajab al-Hanbaly rahimahullah berkata: فمن أظهر للناس خشوعًا فوق ما في قلبه فإنَّمَا هو …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com