Home / Artikel / Renungilah Saat Akan Bepergian

Renungilah Saat Akan Bepergian

Saudaraku..
Sebelum engkau melangkahkan kakimu, renungilah hadits ini..

Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam bersabda :

إذا أراد الله قبض عبد بأرض جعل له إليها حاجة

“Sesungguhnya jika Allah menghendaki untuk mencabut nyawa seorang hamba di suatu tempat, maka Allah jadikan hamba itu memiliki keperluan di tempat tersebut.” (HR. Al-Hakim dan Bukhori dalam adab al mufrad, shahih oleh Al-Albani)

Subhanallah, kita tidak tahu, bisa jadi Allah Ta’ala berkehendak mencabut nyawa kita ditempat yang kita tuju.. bisa jadi perginya kita kesuatu tempat adalah tempat dicabutnya nyawa kita..

🔴 Apa jadinya jika tempat yang kita tuju adalah tempat yang syarat akan maksiat?

📌 Maka perbaiki hatimu, perbaiki tujuan-tujuanmu dalam melangkah.. perbanyaklah menuju tempat-tempat yang Allah berkahi, masjid, musholla, majlis Ilmu, dan lain sebagainya..

🔴 Bagimu wahai saudaraku yang masih gemar plesiran mengeluarkan uang hanya untuk sekedar senang-senang ke negeri-negeri non islam (kafir), maka perbaikilah tujuan-tujuanmu, carilah tempat-tempat tujuan yang Allah berkahi seperti melakukan perjalanan umroh ke tanah suci Mekkah dan Madinah..

Semoga Allah mudahkan kita untuk mendapatkan akhir penutup khusnul khatimah di tempat-tempat yang Allah Ta’ala cintai…
__________________________

  • ✍ Penulis | Abdullah bin Suyitno (عبدالله بن صيتن)
  • Ditulis 20 Rabbi’ul Tsani 1438 H / 19 Januari 2019

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Terbalik !

Hasan al-Bashri rahimahullah berkata : لو كان العقل عرضا لتغالى الناس في ثمنه؛ فالعجب لمن …

Engkau Tertipu !

Yahya bin Mu’adz rahimahullah berkata, مِنْ أَعْظَمِ الْاِغْتِرَارِ عِنْدِي: التَّمَادِي فِي الذُّنُوْبِ عَلَى رَجَاءِ الْعَفْوِ …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com