Home / Artikel / ​PERHATIKAN PERBEKALAN(AMAL)MU

​PERHATIKAN PERBEKALAN(AMAL)MU

Saudaraku..
Perbanyaklah perbekalanmu (amal kebaikanmu) untuk kelak di hari akhir, dan perhatikanlah dengan sungguh-sungguh disetiap perbekalan yang engkau persiapkan. Dan perbanyakah takwa dalam mempersiapkannya..

 يٰۤاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلْتَـنْظُرْ نَـفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ  لِغَدٍ  ۚ  وَاتَّقُوا اللّٰهَ  ؕ  اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا تَعْمَلُوْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.” (Qs. Al-Hasyr 18)

اِنْ اَحْسَنْتُمْ اَحْسَنْتُمْ لِاَنْفُسِكُمْ  ۙ وَاِنْ اَسَأْتُمْ فَلَهَا

“Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri.” (Qs. Al-Isra’ 7)

👤 Ibnu Rajab al-Hanbaly rahimahullah berkata:

‏غداً توفى النفوس ما كسبت ويحصد الزارعون ما زرعوا، إن أحسنوا أحسنوا لأنفسهم، وإن أساؤوا فبئس ما صنعوا

“Esok hari (kiamat) jiwa-jiwa akan disempurnakan balasan atas perbuatan mereka, orang-orang yang menanam akan memanen apa yang mereka tanam, jika mereka berbuat baik maka mereka telah berbuat baik untuk diri mereka sendiri, namun jika mereka berbuat buruk maka alangkah buruknya apa yang mereka perbuatan.” (Lathaiful Ma’arif, jilid 1, hlm 232)

Maka perhatikanlah kesiapan perbekalan kita..
_____________________________

  •  Penyusun | Abdullah bin Suyitno (عبدالله بن صيتن) 

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Bahaya Dusta Meski Bercanda !

Syaikh Muhammad bin Shaleh Al-‘Utsaimin rahimahullah berkata: “ومن أعظم الكذب: ما يفعله بعض الناس اليوم، …

Seburuk-buruk Saudara

Al-Imam Abu Ja’far Muhammad bin Ali bin al-Husain bin Ali al-Baqir rahimahullah berkata: بئس الأخ …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com