Home / Doa dan Amalan / ​LURUSKAN NIAT SAAT DATANG KE MAJLIS ILMU
Sometimes I feel lost. It is good.

​LURUSKAN NIAT SAAT DATANG KE MAJLIS ILMU

👤 Ibnu Hazm rahimahullah berkata :

إِذا حضرت مجْلِس علم فَلَا يكن حضورك إِلَّا حُضُور مستزيد علما وَأَجرا لَا حُضُور مستغن بِمَا عنْدك طَالبا عَثْرَة تشيعها أَو غَرِيبَة تشنعها فَهَذِهِ أَفعَال الأرذال الَّذين لَا يفلحون فِي الْعلم أبدا فَإِذا حضرتها على هَذِه النِّيَّة فقد حصلت خيرا على كل حَال وَإِن لم تحضرها على هَذِه النِّيَّة فجلوسك فِي مَنْزِلك أروح لبدنك وَأكْرم لخلقك وَأسلم لدينك

✔️ Apabila engkau hadir di sebuah majelis ilmu, maka janganlah kehadiranmu itu kecuali sebagai seorang yang hadir karena ingin menambah ilmu dan pahala. 

❌ Bukan (sebagai) orang yang hadir namun sudah merasa cukup dengan apa yang ada padamu, mencari sanjungan yang tersebar luas, atau keanehan yang tidak enak dipandang. Ini adalah perbuatan orang-orang rendahan yang tidak akan sukses meraih ilmu sama sekali.

✔️ Apabila engkau menghadiri majelis ilmu dengan niat ini (yaitu niat ingin menambah ilmu dan pahala) maka engkau mendapatkan kebaikan dalam kondisi apapun. 

❌ Namun jika engkau tidak hadir dengan niat itu, maka dudukmu di rumahmu lebih rehat untuk badanmu, lebih mulia untuk akhlakmu, dan lebih selamat untuk agamamu.”

_____________________________

  •  al-Akhlaq wa as-Siyar, 1/92

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Pahala Berqurban Mengalahkan Pahala Sedekah

Syaikh Shalih al-Fauzan hafidzahullah pernah ditanya: أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكُمْ يَا شَيْخ صَالِحُ هُنَاكَ مَنْ يَرَى …

Dampak Cemas Berlebihan Bagi Kesehatan

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata : على كل إنسان أصيب بمصيبة أن يصبر، …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com