Home / Fatwa / Wajib Mendakwahi Para Pembantu Kepada Ajaran Islam

Wajib Mendakwahi Para Pembantu Kepada Ajaran Islam

PERTANYAAN :
Apakah orang yang mempunyai pembantu rumah tangga yang kafir harus mengajaknya kepada Islam?

JAWABAN :
Ya, ia wajib mengajaknya memeluk Islam, kecuali jika sudah ada orang lain yang mengajaknya (mendakwahinya). Namun biasanya, tidak ada orang lain yang berdakwah di rumahnya atau terhadap pembantunya kecuali ia sendiri. Dalil wajibnya mendakwahinya adalah Firman Allah subhanahu wa ta’ala,

ادْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُ‍‍مْ بِ‍‍الَّتِي هِيَ أَحْسَنُ

“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik” (Qs. An-Nahl: 125)

Dan pesan Nabi shallallahu alaihi wa sallam kepada Mu’adz saat beliau mengutusnya, “Ajaklah mereka memeluk islam” (HR. Bukrohi).
karena Islam tersebar dengan dakwah (seruan/ajakan) secara lisan dan perbuatan, sebagaimana pada kenyataannya tersebarnya Islam di masa awal kemunculannya. Hampir semuanya tahu betapa utamanya mengajak manusia kepada Islam, dan bahwa seseorang itu, bila berhasil menunjuki seseorang, maka baginya pahala seperti pahala orang yang ditunjukinya, karena orang yang menunjukkan kepada kebaikan seperti orang yang melakukan kebaikan itu. Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda kepada Ali bin Abi Thalib,

لَأَنْ يَه‍ْدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِدًا خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُوْنَ لَكَ حُمْرُالنَّعَمِ

“Allah memberi petunjuk kepada seseorang lantaran engkau, adalah lebih baik bagimu daripada engkau memiliki unta merah” (HR. Bukhori dan Muslim)

_________

👤 Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin rahimahullah

📚 Kitabud Da’wah (5), (2/164-165)

About Abdullah bin Suyitno

Avatar
Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Diantara Buah Keimanan Kepada Qadha Dan Qadar

PERTANYAAN : Apakah mungkin, qadha dan qadar bisa membantu bertambahnya iman seorang Muslim? JAWABAN: Beriman …

Hukum Melanjutkan Studi Bagi Mahasiswi Yang Ditinggal Mati Suaminya

PERTANYAAN : Wanita yang ditinggal mati suaminya dan berkewajiban menjalani masa iddah, padahal ia seorang …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com