Home / Fatwa / Sikap Seorang Muslim Terhadap Perbedaan Madzhab

Sikap Seorang Muslim Terhadap Perbedaan Madzhab

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

PERTANYAAN :
Bagaimana seharusnya sikap seorang Muslim terhadap perbedaan-perbedaan madzhab yang menyebar di berbagai golongan dan kelompok?

JAWABAN :
Yang wajib baginya adalah memegang yang haq, yaitu yang ditunjukkan oleh kitabullah dan sunnah RasulNya shallallahu alaihi wa sallam serta loyal terhadap yang haq dan mempertahankannya. Setiap golongan atau madzhab yang bertentangan dengan yang haq, maka ia wajib berlepas diri darinya dan tidak menyepakatinya.

Agama Allah hanya satu, yaitu jalan yang lurus, yakni beribadah hanya kepada Allah semata dan mengikuti RasulNya, Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

Maka yang diwajibkan kepada setiap Muslim adalah memegang yang haq dan konsisten dalam melaksanakannya, yaitu mentaati Allah dan mengikuti Syari’atnya yang telah diajarkan oleh nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, disertai ikhlas karena Allah dalam melaksanakannya dan tidak memalingkan ibadah sedikitpun kepada selain Allah Subhanahu wa ta’ala. Karena itu, setiap madzhab yang menyelisihi yang haq dan setiap golongan yang tidak menganut aqidah ini, harus dijauhi dan harus berlepas diri darinya serta mengajak para penganutnya untuk kembali kepada yang haq dengan mengungkapkan dalil-dalil syar’iyyah yang disertai kelembutan dan menggunakan metode yang tepat sambil menasehati yang haq pada mereka dengan kesabaran

________

👤 Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah

📚 Majmu’ Fatawa wa Maqalat Mutanawwi’ah, juz 5, hal. 157-158

About Abdullah bin Suyitno

Avatar
Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Hukum Menangguhkan Shalat Hingga Malam Hari

PERTANYAAN : Banyak tenaga kerja yang menangguhkan shalat Zhuhur dan Ashar hingga malam hari dengan …

Hukum Memakan Dari Hasil Pekerjaan Yang Haram

PERTANYAAN : Jika pekerjaan ayah saya haram, apa boleh kami memakan dari penghasilannya? Jika tidak …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com