Breaking News
Home / Fatwa / Keanekaragaman Cara Dakwah Adalah Kenikmatan

Keanekaragaman Cara Dakwah Adalah Kenikmatan

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

PERTANYAAN :
Diantara para dai ada yang menempuh metode pendidikan dan pengajaran untuk orang-orang yang didakwahinya, ada pula yang menempuh metode pemberian wejangan dan peringatan di tempat-tempat umum yang dihadiri oleh para wanita. Bagaimana menurut Syaikh tentang hal ini, dan metode apa yang paling berhasil?

JAWABAN :
Menurut saya, ini merupakan nikmat dari Allah subhanahu wata’ala untuk para hambaNya, yaitu menjadikan mereka beragam dalam menggunakan metode atau sarana dakwah. Orang ini pandai memberi wejangan, Allah subhanahu wata’ala memberinya kemampuan dalam berbicara dan mempengaruhi dengan perkataan, maka memberi nasihat adalah lebih baik baginya. Yang lainnya Allah anugerahi kelembutan dan kehalusan sehingga bisa dengan mudah berbaur dengan manusia, maka yang seperti ini lebih baik dari yang tadi, lebih-lebih jika ia tidak pandai berpidato, karena sebagian dai memang telah berilmu tapi adakalanya tidak pandai berbicara di hadapan orang lain. Sesungguhnya anugrah Allah subhanahu wata’ala di bagikan kepada para hambaNya, sebagian mereka lebih ditinggikan beberapa derajat dari yang lainnya. Menurut saya, hendaknya seseorang itu menggunakan metode yang dianggapnya lebih berguna dan lebih mampu ia lakukan, hendaknya ia tidak memaksakan diri masuk kedalam bidang yang tidak dimampuinya, tapi hendaknya ia percaya diri dengan memohon pertolongan kepada Allah azza wa jalla.

__________

👤 Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin rahimahullah

📚 Kitabud Da’wah (5) (2/ 170-171)

About Abdullah bin Suyitno

Avatar
Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Haruskah Menunggu Makmum Yang Baru Datang?

PERTANYAAN : Apakah imam diharuskan menunggu jika mendengar ada yang datang ketika ia sedang ruku’ …

Hukum Menangguhkan Shalat Hingga Malam Hari

PERTANYAAN : Banyak tenaga kerja yang menangguhkan shalat Zhuhur dan Ashar hingga malam hari dengan …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com