Home / Tanya Jawab / Hukum Syari’at Terhadap Suap
Tunnel View

Hukum Syari’at Terhadap Suap

PERTANYAAN :
Apa hukum syari’at terhadap risywah (suap)?

JAWABAN :
Risywah (suap) haram hukumnya berdasarkan nash (teks syari’at) dan ijma’ (kesepakatan para ulama). Ia adalah sesuatu yang diberikan kepada seorang hakim dan selainnya untuk melencengkannya dari al-Haq dan memberikan putusan yang berpihaq kepada pemberinya sesuai dengan keinginan nafsunya.

Dalam hal ini, terdapat hadits yang shahih dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,

لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- الرَّاشِىَ وَالْمُرْتَشِىَ.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat orang yang memberi suap dan yang menyuap.” (HR. Abu Daud no. 3580, Tirmidzi no. 1337, Ibnu Majah no. 2313. Kata Syaikh Al Albani hadits ini shahih)

Terdapat riwayat yang lain, bahwa beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melaknat Ra’isy juga. Yakni, perantara antara keduanya. Dan, tidak dapat diragukan lagi bahwa dia berdosa dan berhaq mendapatkan cacian, celaan dan siksaan kerena membantu didalam melakukan perbuatan dosa dan melampaui batas, padahal Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّ‍‍قْ‍‍وَىٰ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُ‍‍دْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya” (Qs. Al-Ma’idah: 2)

________

👤 Fatwa Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah

📚 Kitab ad-Da’wah, Juz. 1, Hal. 156

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Hukum Orang Yang Berkata, “Bank Tidak Akan Sukses Tanpa Riba”

PERTANYAAN : Apa hukum terhadap orang yang mengatakan “Bank-bank dan lembaga keuangan tidak mungkin sukses …

Implilasi Dari Budaya Suap Terhadap Akidah Seorang Muslim

PERTANYAAN : Apa implikasi dari budaya suap terhadap akidah seorang Muslim? JAWABAN : Suap dan …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com