Home / Nasehat Ulama / Surga Dan Neraka Lebih Dekat Dengan Seorang Hamba

Surga Dan Neraka Lebih Dekat Dengan Seorang Hamba

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

الْجَنَّةُ أَقْرَبُ إِلَى أَحَدِكُمْ مِنْ شِرَاكِ نَعْلِهِ، وَالنَّارُ مِثْلُ ذَلِكَ
.
“Surga lebih dekat dengan salah seorang dari kalian daripada tali sandalnya. Neraka pun demikian.” (HR. Al-Bukhari 6007)
.
.
? Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan hafizhahullah berkata :
.
“Surga dan neraka sangat dekat dengan manusia. Karena itu, sudah sepantasnya manusia tidak berpanjang angan-angan. Tidak sepantasnya pula manusia menganggap kematian dan hari kiamat masih jauh datangnya sehingga dia terus melakukan dosa dan melalaikan perkara akhirat dan ajalnya.
.
Inti faedah hadits ini ialah agar manusia selalu bersiap (menghadapi kematian). Sebab, dia tahu bahwa surga dan neraka dekat dengan manusia. Tidak ada jarak kecuali dicabutnya ruh, kemudian akan berujung pada salah satu dari keduanya.
.
Mengingat surga akan membangkitkan semangat seorang untuk beramal shalih. Adapun mengingat neraka akan mendorongnya untuk bertobat dan berisitigfar dari dosa-dosa.
.
Dia selalu waspada, jangan sampai kematian mendatanginya sedangkan dia dalam keadaan yang jelek.”
.
? Syarh Ushulul Iman hlm. 111

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Februari 2021)

Check Also

Bersabarlah Dalam Dakwah

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah berkata : اصبر على ما يُقال فيك من …

Tanda Allah Tidak Menginginkan Kebaikan Padamu

Allah Tabaroka wa Ta’ala berfirman: ‎(وَلَوْ أَرَادُوا الْخُرُوجَ لَأَعَدُّوا لَهُ عُدَّةً وَلَٰكِنْ كَرِهَ اللَّهُ انْبِعَاثَهُمْ …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com