Home / Mutiara Salaf / Salah Satu Tanda Kebaikan Yang Diberikan Kepada Seorang Hamba

Salah Satu Tanda Kebaikan Yang Diberikan Kepada Seorang Hamba

👤 Ibnul Qayyim rahimahullah berkata :
“Apabila Allah menghendaki kebaikan kepada hambaNya, Allah akan melupakan (dari hamba tersebut) kebaikan yang pernah dia lakukan, melupakan dari hati dan lisannya. Apabila seorang hamba jatuh pada perbuatan maksiat, dia menjadikan perbuatan maksiat tersebut di depan matanya, senantiasa mengingatnya.”

👥 Sebagian ulama salaf berkata :
“Sesungguhnya seorang hamba berbuat dosa kemudian (dengan dosa tersebut) dia masuk ke dalam surga, dan seorang hamba berbuat kebaikan kemudian (disebabkan kebaikan tersebut) dia masuk neraka.

Bagaimana bisa demikian ?

⚫️ Dia berbuat maksiat, setiap dia mengingat kemaksiatan tersebut, dia menangis, menyesal, dia memperbaharui taubatnya, dan memperbanyak istighfar serta memperbanyak amal ketaatan, dengan sebab tersebut dia mendapat rahmat Allah.

⚫️ Dia berbuat kebaikan, dia senantiasa mengungkit-ngungkitnya, menggembar-nggemborkannya di hadapan manusia, dia berbangga terhadap kebaikan tersebut, dia sombong seraya berkata di dalam dirinya (mengapa manusia tidak menghormati aku, padahal aku orang yang taat, sering berbuat baik). Senantiasa perasaan tersebut menguasai dirinya sampai menggiringnya ke neraka.

Tanda kebaikan seorang hamba ketika dia menjadikan kebaikan yang dia lakukan di belakang punggungnya, dan dia menjadikan maksiat yang dia lakukan di depan matanya.”

_________________________

  • Miftah Daarus Sa’adah 1 : 338

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017-sekarang) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- sekarang) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Yang Paling Banyak Hisabnya

Mu’awiyyah bin Qurrah rahimahullah berkata: أكثر الناس حسابا يوم القيامة الصحيح الفارغ. “Manusia yang paling …

Dosa Adalah Penyebab Engkau Diganggu Jin Dan Manusia

👤 Ibnul Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah berkata: تالله ما عدا عليك العدو إلا بعد أن تولى …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com