Home / Artikel / PAHALA SEDEKAH YANG PALING BESAR

PAHALA SEDEKAH YANG PALING BESAR

🔴 Dari Abu Hurairah radhiyallahu berkata : 

“Ada seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam seraya berkata : ”Wahai Rasulullah, sedekah yang mana yang lebih besar pahalanya?” maka Beliau shalallahu alaihi wasallam menjawab :

أنْ تَصَدَّقَ وَأنتَ صَحيحٌ شَحيحٌ، تَخشَى الفَقرَ وتَأمُلُ الغِنَى، وَلا تُمهِلْ حَتَّى إِذَا بَلَغتِ الحُلقُومَ قُلْتَ لِفُلان كذا ولِفُلانٍ كَذا، وقَدْ كَانَ لِفُلانٍ 

” Engkau bersedekah pada saat kamu masih sehat, saat kamu takut menjadi fakir, dan saat kamu berangan-angan menjadi kaya. Dan janganlah engkau menunda-nunda sedekah itu, hingga apabila nyawamu telah sampai di tenggorokan, kamu baru berkata, “Untuk si fulan sekian dan untuk fulan sekian, dan harta itu sudah menjadi hak si fulan.” (HR. Bukhari 1419 dan Muslim 1032).

👤 Imam Nawawi rahimahullah berkata : 

“Bahwa orang pelit itu ketika dalam keadaan sehat. Jika ia berbaik hati bersedekah dalam keadaan sehat seperti itu, maka terbuktilah akan benarnya niatnya dan besarnya pahala yang diperoleh. Hal ini berbeda dengan orang yang bersedekah saat menjelang akhir hayat atau sudah tidak ada harapan lagi untuk hidup, maka sedekah ketika itu masih terasa kurang berbeda halnya ketika sehat.” (Syarh Shahih Muslim, 7: 112)

🔴 Sebagaimana Firman Allah Ta’ala :

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ

“Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian.” (Qs. Al Munafiqun 10)

 ____________________________

  • ✍ Penyusun | Abdullah bin Suyitno (عبدالله بن صيتن) 

About Abdullah bin Suyitno

Avatar
Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Hukum Mencontek Dalam Ujian

PERTANYAAN : Apa hukum berbuat curang (menyontek) ketika ujian? Saya lihat, banyak mahasiswa yang melakukan …

Engkau Pasti Akan Ditanya ! Maka Siapkan Jawabannya.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman : ثُمَّ لَتُسۡ‍َٔلُنَّ يَوۡمَئِذٍ عَنِ ٱلنَّعِيمِ “Kemudian kamu pasti akan …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com