Home / Mutiara Salaf / Meraih Yang Abadi

Meraih Yang Abadi

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

Ibnu Qayyim al-Jauziyah rahimahullah berkata,

وقد أجمع عقلاء كل أمة على أن النعيم لا يدرك بالنعيم، وإن من آثر الراحة فاتته الراحة، وإن بحسب ركوب الأهوال وإحتمال المشاق تكون الفرحة واللذة، فلا فرحة لمن لا هم له، ولا لذة لمن لا صبر له، ولا نعيم لمن لا شقاء له، ولا راحة لمن لا تعب له، بل إذا تعب العبد قليلًا استراح طويلًا … وكلما كانت النفوس أشرف والهمة أعلا، كان تعب البدن أوفر وحظه من الراحة أقل

Para pemilik akal sehat seluruh umat sepakat bahwa kenikmatan abadi tidak akan diraih dengan kenikmatan sesaat. Barang siapa mendahulukan istirahat (di dunia), dia akan luput mendapatkan kesempatan istirahat (di akhirat). Besarnya kebahagiaan dan kelezatan yang didapat sebanding dengan besarnya kesusahan yang dia rasakan. Tidak ada kebahagiaan (di akhirat) bagi orang yang tidak mengalami kesedihan (di dunia). Tidak ada kelezatan (hakiki) bagi orang yang tidak memiliki kesabaran. Tidak ada kenikmatan (abadi) bagi orang yang tidak mengalami kesusahan. Tidak ada istirahat (panjang) bagi orang yang tidak mengalami keletihan (ketika melaksanakan ketaatan). Bahkan, apabila hamba mau lelah sebentar (di dunia), niscaya dia akan mendapat istirahat panjang (di akhirat). Semakin mulia jiwa dan semakin tinggi cita-cita, dia akan semakin lelah dan semakin sedikit istirahatnya.

Miftah Dar as-Sa’adah, jilid 2, halaman 15

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Februari 2021)

Check Also

Ketika Orang Mukmin Bermaksiat

Ibnul Jauzi rahimahullah berkata : “Kelezatan kemaksiatan hanya bisa dirasakan orang yang tenggelam dalam kelalaian. …

Saat Doa Lambat Dikabulkan

Ibnul Jauzi Rahimahullah berkata : “Aku merenungkan secara saksama sebuah fakta yang mencengangkan. Seorang mukmin …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com