Home / Mutiara Salaf / Manfaat Rasa Lapar

Manfaat Rasa Lapar

👤 Ibnu Abi ad-Dunya rahimahullah, dari Muhammad bin Wasi’ rahimahullah :

“Siapa yang sedikit makannya dia akan bisa memahami, membuat orang lain paham, bersih, dan lembut. Sungguh, banyak makan akan memberati seseorang dari hal-hal yang dia inginkan.”

👤 Ibrahim bin Adham rahimahullah berkata:

“Siapa yang menjaga perutnya, dia bisa menjaga agamanya. Siapa yang bisa menguasai rasa laparnya, dia akan menguasai akhlak yang terpuji. Sungguh, kemaksiatan akan jauh dari orang yang lapar, dekat dengan orang yang kenyang. Rasa kenyang akan mematikan hati. Akan muncul pula darinya rasa senang, sombong, dan tawa.”

👤 Abu Sulaiman ad-Darani rahimahullah berkata :

“Jika jiwa merasakan lapar dan dahaga, kalbu akan bersih dan lembut. Jika jiwa merasakan kenyang dan puas minum, kalbu menjadi buta.”

👤 Imam Syafi’i rahimahullah berkata :

“Rasa kenyang akan memberati badan, menghilangkan kewaspadaan, mendatangkan rasa kantuk, dan melemahkan pemiliknya dari beribadah.”

__________________________________________

  • Jami’ al-Ulum wal Hikam, 576-577 

About Abdullah bin Suyitno

Avatar
Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Mereka Sudah Memulai Jauh Hari Sebelum Ramadhan

Sebagian ulama salaf mengatakan : كَانُوا يَدْعُوْنَ اللهَ سِتَّةَ أَشْهُرٍ أَنْ يُبَلِّغَهُمْ شَهْرَ رَمَضَانَ ثُمَّ …

Jangan Bermaksiat Lagi Setelah Lebaran

👤 Ka’ab Al Ahbar rahimahullah (tabiin) berkata: “Barangsiapa puasa Ramadhan sedangkan dalam hati dia berniat …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com