Home / Artikel / Masalah Tak Kunjung Usai..

Masalah Tak Kunjung Usai..

Saudaraku.. Terkadang sering kita temui permasalahan dalam kehidupan kita.. Dan sering pula sapaan dari masalah-masalah yang menghampiri tak kunjung menemui usai.. Hingga berlarut tak terasa menyelimuti sebagian dari umur kita..

Mengapa demikian..? Mengapa tak juga kunjung usai..?

Mungkin karena dosa-dosa yang masih kita kerjakan.. atau mungkin dari dosa-dosa kita yang telah lalu, yang mungkin kita terluputkan dari taubat dan istighfar terhadap dosa tersebut..

وَكَانَ الإِمَامُ أَبُوْ حَنِيْفَةَ إِذَا شَكَلَتْ عَلَيْهِ مَسْئَلَةٌ قَالَ لِأَصْحَابِهِ : مَا هَذَا إِلاَّ لِذَنْبٍ أَحْدَثْتُهُ.. وَكَانَ يَسْتَغْفِرُ وَرُبَّمَا قَامَ وَصَلَّى فَتَنْكَشِفَ لَهُ الْمَسْئَلَةُ وَيَقُوْلُ : رَجَوْتُ أَنِّي تِيْبَ عَلَيَّ، فَبَلَغَ ذَلِكَ فُضَيْلَ بْنَ عِيَاض فَبَكَى بُكَاءً شَدِيْدًا ثُمَّ قَالَ : ذَلِكَ لِقِلَّةِ ذَنْبٍ، فَأَمَّا غَيْرُهُ فَلاَ يَتْنَبِهُ لِهَذَا.

“Dahulu imam Abu Hanifah jika ada suatu permasalahan yang menyulitkannya, maka dia berkata kepada murid-muridnya : “tidaklah hal ini terjadi melainkan sebabnya adalah dosa yang telah aku lakukan”, lalu dia beristighfar memohon ampun atau juga bangun lalu melaksanakan sholat, maka setelah itu terjawablah permasalahan tadi, dan dia berkata : “aku berharap telah diterima taubatku”. Kisah ini pun sampai kepada Fudhail bin ‘Iyadh, maka dia pun menangis dengan sangat pilu, kemudian berkata : “hal itu karena sedikitnya dosa, adapun orang selainnya tidak akan memperhatikan hal seperti ini.” (al-Jawahir al-Mudhiyyah fii Thabaqat al-hanafiyyah)

Subhanallah, itulah diantara sumbernya, itulah diantara penyebabnya, yaitu dosa-dosa kita. Renungilah wahai saudaraku bagaimana kuatnya efek dan akibat dari suatu dosa tersebut terhadap kehidupan kita.

Maka sudah seharusnya kita bersungguh-sungguh memperhatikan dosa-dosa kita, baik yang saat ini, maupun yang pernah kita lakukan dimasa lalu.. Mungkin saja itulah sebab yang menjadikan banyak permasalahan dalam kehidupan kita, yang mana masalah itu terus menyelimuti umur kita, yang tak kunjung terjawab dan tidak pula kunjung ada jalan keluarnya..

Mari segera kita berbenah dan berhenti dari segala dosa-dosa serta kemaksiatan yang masih kita lakukan, dan bersegeralah dalam kebaikan di jalan Allah.. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman : 

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا

“Dan barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar.” (QS. ath-Thalaq 2)

Semoga Allah mudahkan kita dalam kebaikan dan keberkahan dalam menjalani sisa kehidupan kita

__________________________

  • Penyusun | Abdullah bin Suyitno (عبدالله بن صيتن)
  • Disusun 22 Dzul Qa’dah 1438 H /14 Agustus 2017

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Nasehat Ulama : Jauhi Pemikiran Khawarij (Isis)

Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad hafidzahullah berkata : “Wajib bagi para pemuda yang berjalan di belakang …

Diantara Sebab Kebinasaan Sebuah Umat

Abu Darda’ radhiyallahu anhu berkata: لا تهلك أمة حتى يتبعوا أهواءهم ويتركوا ما جاءتهم به …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com