Tebar Qurban 1443H Shahihfiqih.com
Home / Mutiara Salaf / Bersungguh-sungguh Meski Sedikit Lebih Baik

Bersungguh-sungguh Meski Sedikit Lebih Baik

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah berkata :

فقراءة آية بتفكر وتفهم خير من قراءة ختمة بغير تدبر وتفهم.

“Membaca satu ayat dengan memikirkan dan memahaminya, lebih baik dibandingkan dengan membaca hingga khatam tanpa tadabur dan memahami.” (Miftah Daar as-Sa’adah 1/187)

membaca Al-Qur’an hendaknya dalam keadaan khusyu’ dan berusaha untuk mentadabbur (merenungkan) setiap ayat yang dibaca.

Perintah untuk mentadabburi Al-Qur’an :

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآَنَ أَمْ عَلَى قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا

“Maka apakah mereka tidak memperhatikan (mentadabburi) Al Quran ataukah hati mereka terkunci?” (QS. Muhammad: 24)

كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آَيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ

“Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan (mentadabburi) ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.” (QS. Shaad: 29)

Imam Nawawi rahimahullah menyatakan, “Hadits yang membicarakan tentang perintah untuk tadabbur banyak sekali. Perkataan ulama salaf pun amat banyak tentang anjuran tersebut. Ada cerita bahwa sekelompok ulama teladan (ulama salaf) yang hanya membaca satu ayat yang terus diulang-ulang dan direnungkan di waktu malam hingga datang Shubuh. (At Tibyan Halaman 86)

Kesimpulannya yang terbaik adalah sering membaca dengan berusaha mentadabburi dan merenungkan setiap ayatnya. Bukan sering membaca tapi hanya lewat tanpa tahu isi kandungan maknanya sama sekali.

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Februari 2021)

Check Also

Mustahio Membuat Seluruh Manusia Ridho

Imam Syafi’i rahimahullah berkata إِنَّك لَا تقدر أَن ترْضى النَّاس كلهم فَأصْلح مَا بَيْنك وَبَين …

Akhlak Orang Di Sekitar Bisa Menular

Ibnu Qudamah al-Maqdisi rahimahullah berkata: “Terkadang akhlak yang baik itu didapatkan dikarenakan sebab berteman dengan …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com