Home / Mutiara Salaf / Berbicaralah Yang Baik, Jika Tidak Bisa Diamlah

Berbicaralah Yang Baik, Jika Tidak Bisa Diamlah

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

? Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata :

وفي الصحيحين عن النبي ﷺ أنه قال: (من كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليقل خيرًا أو ليصمت) فأمر المؤمن بأحد أمرين: إما قول الخير أو الصمات؛ ولهذا كان قول الخير خيرًا من السكوت عنه والسكوت عن الشر خيرًا

Dan didalam as-Sahihain dari Nabi shallallaahu alaihi wasallam bahwasannya beliau bersabda :

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka ucapkanlah ucapan yang baik atau (jika tidak bisa ) maka diamlah.”

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam di dalam hadits di atas memerintahkan untuk melakukan salah satu dari dua perkara di atas, yaitu berucap yang baik atau diam. Oleh karena itu mengucapkan kata-kata yang baik itu lebih utama daripada diam darinya. Dan menahan diri dari ucapan yang tidak baik itu lebih baik (dari pada mengucapkannya).

_____________________________

  • Majmu Fatawa 7/49

About Abdullah bin Suyitno

Avatar
Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Februari 2021)

Check Also

Satu-Satunya Cara

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata : فما حرس العبد نعمة الله تعلى عليه بمثل : شكره‍ا، …

Hikmah Yang Bisa Dipetik

 Ibnul Qayyim rahimahullah berkata : فكم لله من نعمة جسيمة ومنة عظيمة تجنى من قطوف …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com