Home / Mutiara Salaf / ​BERHATI-HATILAH JIKA BERKUMPUL DENGAN ORANG YANG AGAMANYA BURUK

​BERHATI-HATILAH JIKA BERKUMPUL DENGAN ORANG YANG AGAMANYA BURUK

👤 Ibnu Baththah rahimahullah berkata :

اعلموا إخواني أنِّي فكَّرتُ في السبب الذي أخرج أقوامًا من السنَّة والج ماعة، واضطرَّهم إلى البدعة والشناعة، وفتح باب البليَّة على أفئدتهم، وحجب نور الحقِّ عن بصيرتهم، فوجدتُ ذلك من وجهين: أحدهما: البحث والتنقير وكثرة السؤال عمَّا لا يغني ولا يضرُّ العاقلَ جهلُه، ولا ينفع المؤمنَ فهمُه. والآخر: مجالسة من لا تُؤْمَن فتنتُه، وتُفسد القلوبَ صحبتُه

“Ketahuilah wahai saudara-saudaraku sesungguhnya aku telah memikirkan tentang sebab yang bisa mengeluarkan orang dari Ahlus Sunnah wal Jama’ah, mendorong mereka terjatuh ke dalam bid’ah dan keburukan, membuka pintu mala petaka atas kalbu-kalbu mereka, dan menjadi penghalang cahaya kebenaran dari pandangan mereka. Maka aku mendapatkan bahwa semua itu disebabkan karena 2 perkara :

🔴 Yang pertama adalah membahas, mencari dan banyak bertanya tentang perkara yang tidak penting (bermanfaat), tidak berdampak buruk bagi orang berakal yang tidak mengetahuinya, dan tidak pula bermanfaat bagi pemahaman seorang mukmin.

🔴 Yang kedua adalah bermajelis dengan orang yang tidak aman dari fitnahnya dan menyebabkan rusaknya hati jika berteman dengannya.
_____________________________

  • Al-Ibanah al-Kubra, karya Ibnu Baththah 1/390

About Abdullah bin Suyitno

Avatar
Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Hukum Menerima Upah Tanpa Bekerja

PERTANYAAN : Saya karyawan sebuah instansi pemerintah. Instansi ini menugasi para karyawannya dengan pekerjaan di …

Hukum Memotong Gaji Untuk Biaya Pengobatan

PERTANYAAN : Saya mengalami kecelakaan di luar tugas. Karena saya tidak mampu menanggung biaya pengobatan, …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com