Home / Mutiara Hadits / Perkataan “Lau Kaana Khoiron Lasabuquuna Ilaih”

Perkataan “Lau Kaana Khoiron Lasabuquuna Ilaih”

Buku Shahihfiqih - Buku Fahd Project



Perkataan ini adalah kaidah Ahlussunnah wal jamaah yang sangat agung. kaidah ini disebutkan oleh Al-Hafidzh Ibnu Katsir Asy-Syafii dalam kitab tafsir beliau :

وأما أهل السنة والجماعة فيقولون قي كل فعل وقول لم يثبت عن الصحابة رضي الله عنهم هو بدعة لأنه لو كان خيرا لسبقونا إليه لأنهم لم يتركوا خصلة من خصال الخير إلا وقد بادروا إليها

“Adapun Ahlussunnah wal Jamaah mereka berkata bahwa, setiap ucapan dan perbuatan yang tidak tsabit dari para shahabat maka itu adalah bid’ah. “LAU KAANA KHOIRON LASABAQUUNA ILAIH” (sekiranya perkara itu baik tentu para shahabat nabi telah mendahului kita dalam mengamalkannya). Karena mereka tidak meninggalkan satu jenis pun dari amalan-amalan kebaikan kecuali akan bersegera mengamalkannya.” (Tafsir Ibnu Katsir 4/190)

About Tim Shahihfiqih

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Februari 2021)

Check Also

Jika Rasa Takut Kepada Allah Terpatri Dalam Hati

Abu Ali al-Hasan bin Ahmad rahimahullah berkata, إذا سكن الخوف في القلب لم ينطق اللسان …

Orang Yang Paling Lelah Di Dunia

Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah berkata : “Engkau tidak akan menjumpai manusia yang paling lelah daripada …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com - Bertanya ke ulama - Kirim pertanyaan ke Ulama