Home / Fatwa / Seorang Wanita Murtad Dari Islam Lalu Menikah Dengan Pria Nasrani Kemudian Ia Kembali Memeluk Islam Dan Bercerai Dengan Pria Nasrani Itu, Berapa Lamakah Masa Iddahnya?

Seorang Wanita Murtad Dari Islam Lalu Menikah Dengan Pria Nasrani Kemudian Ia Kembali Memeluk Islam Dan Bercerai Dengan Pria Nasrani Itu, Berapa Lamakah Masa Iddahnya?

PERTANYAAN :

Seorang wanita murtad dari islam lalu menikah dengan pria nasrani kemudian ia kembali memeluk islam dan bercerai dengan pria nasrani itu. Berapa lamakah masa iddahnya hingga ia boleh menikah dengan pria lainnya?


JAWABAN :

Apakah pria nasrani itu telah menyetubuhinya? Dijawab: “Benar, ia telah menyetubuhinya.” Maka Menurut pendapat yang terpilih masa iddahnya ialah satu kali haidh. Ada yang berpendapat bahwa masa iddahnya tetap tiga kali haidh. Namun pendapat terpilih adalah yang pertama (satu kali haidh). Sebab pernikahannya dengan pria nasrani itu dalam keadaan ia sudah murtad dianggap sah. Wallahu a’lam.

____________________________________

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Wanita Yang Ingin Berqurban Teteap Boleh Menyisir Rambut

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah berkata: إذا احتاجت المرأة إلى المشط في هذه الأيام …

Cara Yang Baik Untuk Mengingkari Kemungkaran

PERTANYAAN : Kami perhatikan banyak sekali para pemuda yang antusias mengingkari kemungkaran, tapi mereka kurang …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com