Home / Fatwa / SEORANG WANITA BANGUN DARI TIDUR UNTUK MELAKSANAKAN SHALAT SUBUH, NAMUN SETELAH MATAHARI TERBIT DIA MELIHAT ADANYA DARAH, APAKAH DIA HARUS MENGULANG SHALATNYA?

SEORANG WANITA BANGUN DARI TIDUR UNTUK MELAKSANAKAN SHALAT SUBUH, NAMUN SETELAH MATAHARI TERBIT DIA MELIHAT ADANYA DARAH, APAKAH DIA HARUS MENGULANG SHALATNYA?

PERTANYAAN :

Saya bangun dari tidur untuk melaksanakan shalat subuh, akan tetapi setelah matahari terbit, saya melihat ada darah, apakah saya harus mengulangi shalat itu setelah kembali suci ataukah saya tidak wajib mengqadha’nya?


JAWABAN :

Ya, wanita itu harus mengulangi shalatnya. Karena yang zahir bahwa asalnya darah itu belum keluar, dan jika asalnya darah itu belum ada, maka berarti wanita itu telah mendapatkan waktu shalat sebelum dia haid.
Akan tetapi yang saya sayangkan disini adalah bahwa wanita itu belum bangun dari tidur kecuali setelah matahari terbit untuk melaksanakan shalat subuh. Untuk itu maka saya sarankan agar setiap orang selalu mawas diri dan memiliki sarana-sarana yang lazim untuk membangunkan dirinya dari tidur agar dapat shalat subuh pada waktunya.

____________________________

  • Syaikh Muhammad bin shlih al-‘Utsaimin
  • Durus wa Fatawa al-Haram al-Makki 2 : 300

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Para Salaf Dalam Memandang Amalan Mereka

Ibnu Rajab al-Hanbaly rahimahullah berkata: كان السلف يجتهدون في أعمال الخير ويعدون أنفسهم من المقصرين …

Kemunafikan Berlapis

Ibnu Rajab al-Hanbaly rahimahullah berkata: فمن أظهر للناس خشوعًا فوق ما في قلبه فإنَّمَا هو …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com