Tebar Qurban 1443H Shahihfiqih.com
Home / Fatwa / SAAT TIBA DI MASJID, BELUM MELAKSANAKAN SHALAT ISYA TETAPI MENDAPATI IMAM SUDAH MENJALANKAN SHALAT TARAWIH

SAAT TIBA DI MASJID, BELUM MELAKSANAKAN SHALAT ISYA TETAPI MENDAPATI IMAM SUDAH MENJALANKAN SHALAT TARAWIH

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

PERTANYAAN :

Kami bertiga masuk ke masjid dalam keadaan kami mendapati imam sudah selesai dari shalat Isya. Apa yang afdhal bagi kami bertiga untuk shalat Isya secara berjamaah? Ataukah kami menunggu shalat Tarawih dan ikut bergabung dengan imam, tetapi dengan niat shalat Isya kemudian shalat Isya kami sempurnakan ?


JAWABAN :

Yang afdal bagi mereka (bertiga) adalah mereka menunaikan shalat Isya berjamaah terlebih dahulu -jika tempatnya sedikit jauh dan tidak mengganggu jamaah tarawih- baru setelah itu mereka bergabung bersama imam (untuk shalat Tarawih). Adapun kalau dia hanya sendiri dan imam sudah melaksanakan tarawih dalam keadaan dia belum shalat Isya, maka dia bergabung dengan imam, tetapi dia berniat shalat Isya.

Misalnya dia mendapati imam pada rakaat pertama shalat Tarawih, maka ketika imam telah salam, dia bangkit untuk menyempurnakan dua rakaat lagi (shalat Isya-nya). Atau kalau dia masuk pada rakaat kedua imam, maka setelah imam salam, dia menyempurnakan tiga rakaat lagi (shalat Isya-nya).

Sungguh Imam Ahmad rahimahullah telah telah menegaskan tentang bolehnya perkara ini.

_____________________________

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Februari 2021)

Check Also

Jika Engkau Ingin Menikah Utarakanlah

Imam Syafi’i rahimahullah berkata : ينبغي للولد أن يصارح أباه بغربته في الزواج وينبغي لأب …

Hukum Ucapan “Semoga Engkau Panjang Umur”

PERTANYAAN ما حكم قول: “أطال الله بقاءك”، “طال عمرك”؟ Apa hukum ucapan, “Semoga Allah memanjangkan …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com