Tebar Qurban 1443H Shahihfiqih.com
Home / Fatwa / Mendakwahi Orang Nasrani, Bolehkah Memberinya Al-qur’an?

Mendakwahi Orang Nasrani, Bolehkah Memberinya Al-qur’an?

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

PERTANYAAN:

Jika seorang Nasrani meminta al-qur’an, Bolehkah saya memberinya?

 

JAWABAN:

Tidak boleh, tapi bacakan dan perdengarkan al-Qur’an itu kepadanya, anda mengajaknya ke jalan Allah dan mendoakannya agar memperoleh hidayah, hal ini berdasarkan Firman Allah di dalam KitabNya yang mulia,

وَإِنْ أَحَدٌ مِّ‍‍نَ الْمُشْرِكِينَ اسْتَجَارَكَ فَأَجِرْهُ حَتَّىٰ يَسْمَعَ كَلَامَ اللَّهِ ثُ‍‍مَّ أَبْ‍‍لِغْهُ مَأْمَنَهُ ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّ‍‍هُمْ قَوْمٌ لَّا يَعْلَمُونَ

“Dan jika seorang diantara orang-orang musyrikin itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar firman Allah, kemudian antarkanlah ia ketempat yang aman baginya. Demikian itu disebabkan mereka kaum yang tidak mengetahui.” (Qs. At-Taubah: 6)

Nabi shallallahu alaihi wasallam telah melarang pergi membawa al-Qu’an ke negeri musuh karena khawatir direbut oleh musuh. (Al-Bukhari meriwayatkan yang semakna itu dalam al-jihad, no. 2990; Muslim dalam al-Imarah, no. 1869)

Hal ini menunjukkan, bahwa orang kafir tidak boleh diberi mushaf al-Qur’an, karena khawatir akan menghinakan atau menyia-nyiakannya. Yang perlu dilakukan adalah mengajarkan dam membacakan padanya, mengarahkan dan mendoakannya, jika ia mau memeluk islam, boleh diberikan mushaf. Namun demikian boleh diberikan kepadanya kitab-kitab tafsir atau kitab-kitab hadits jika diharapkan bisa bermanfaat, dan boleh juga mushaf terjemahan.

____________________

Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah

• Majmu’ Fatawa wa maqalat Mutanawwi’ah (6/372-373).

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Februari 2021)

Check Also

Jika Engkau Ingin Menikah Utarakanlah

Imam Syafi’i rahimahullah berkata : ينبغي للولد أن يصارح أباه بغربته في الزواج وينبغي لأب …

Hukum Ucapan “Semoga Engkau Panjang Umur”

PERTANYAAN ما حكم قول: “أطال الله بقاءك”، “طال عمرك”؟ Apa hukum ucapan, “Semoga Allah memanjangkan …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com