Home / Fatwa / Melaksanakan Shalat Jum’at Tetapi Niatnya Shalat Dzuhur

Melaksanakan Shalat Jum’at Tetapi Niatnya Shalat Dzuhur

Buku Shahihfiqih - Buku Fahd Project

PERTANYAAN :

هل للمسافر أن يصلي الجمعة بنية الظهر؟

Apakah seorang musafir boleh shalat jum’at dengan niatan shalat Dhuhur?

JAWABAN :

إن هذا يفوت به فضل الجمعة، وفضل الجمعة أمر لا ينبغي التهاون به؛ لأن الجمعة يوم واحد في الأسبوع، وأنت إذا نويت صلاة الظهر في هذا الأسبوع فلا تدري هل تدركك الجمعة الثانية أو لا، فكونك تفوت هذا الأجر العظيم الذي أضل الله عنه اليهود والنصارى، واختاره لهذه الأمة من أجل أن تجمع العصر إلى الظهر لا شك أنه قصور نظر، فصل الجمعة ولا تجمع إليها العصر، وإذا حان وقت صلاة العصر فصل العصر

Sesungguhnya yang demikian ini akan membuatnya terlewatkan dari keutamaan shalat jumat. Padahal keutamaan shalat jumat tidak sepantasnya diremehkan, karena jumat hanya sehari dalam sepekan. Jika engkau meniatkan shalat dhuhur pada pekan ini maka engkau tidak mengetahui apakah bisa mendapatkan jumat berikutnya atau tidak. Sehingga perbuatanmu yang melewatkan pahala besar ini yang tidak Allah berikan kepada orang-orang Yahudi dan Nasrani serta Allah pilih umat ini untuk mendapatkan nikmat tersebut karena engkau menjamak Ashar dengan Dzuhur, yang demikian ini tidak diragukan lagi adalah pandangan yang dangkal.

Maka shalatlah jumat namun jangan dijamak dengan Ashar. Kemudian jika telah tiba waktu Ashar maka kerjakanlah shalat Ashar.

___________________________

  • Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin Rahimahullah
  • Silsilah Al-Liqo’ Asy-Syahri, 5

About Tim Shahihfiqih

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Februari 2021)

Check Also

Apakah Janin Yang Keguguran di Aqiqahi?

  Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah menjawab : في هذا تفصيل أما السقط قبل …

Adab Ketika Meminum Air Zam-Zam

ADAB KETIKA MINUM ZAM-ZAM1. Menghadap kekiblat2. Meminum dalam tiga nafas, dan dan melepas mulut dari …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com - Bertanya ke ulama - Kirim pertanyaan ke Ulama