Home / Fatwa / JIKA SAAT SHALAT BERJAMAAH TIDAK MAMPU SUJUD DILANTAI

JIKA SAAT SHALAT BERJAMAAH TIDAK MAMPU SUJUD DILANTAI

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

PERTANYAAN :

Lutut saya sedang sakit, saya tidak menekuknya kecuali dengan susah payah, jika saya ikut shalat berjamaah saya tidak mampu bersujud di lantai,  karena sempitnya shaff yang ada, sedangkan saya membutuhkan banyak gerakan (untuk bisa sujud), bisa jadi saya akan bersujud di udara(tidak dalam posisi sempurna), namun jika saya shalat sendirian di rumah saya bisa melakukan sujud di lantai dengan 7 anggota sujud dengan sempurna, maka bagaimana baiknya, apakah saya tetap ikut melaksanakan shalat berjama’ah atau shalat sendiri di rumah?
JAWABAN :

Alhamdulillah. Hendaknya anda tetap melaksanakan shalat berjama’ah di masjid, karena shalat berjama’ah adalah wajib (bagi laki-laki). Lalu anda bersujud semampu anda meskipun hanya dengan cara miring.

? (jika anda telah berusaha maksimal) Dalam kondisi seperti itu anda tidak dianggap telah meninggalkan gerakan sujud.
(Jawaban ini kami peroleh dari Syaikh Abdur Rahman al Barrak)
Wallahu A’lam.
___________________________

  • Syaikh Muhammad Sholih al Munajjid hafizhahullah
  • islamqa.info

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Februari 2021)

Check Also

Hukum Mengamalkan Doa Awal Bulan

MENGAMALKAN DOA AWAL BULAN (mengamalkan awal bulan dzulhijjah,dzulqo’dah, muharram, shafar, rabiul awal dst..) Beberapa saat …

Hukum Menyimpan Foto Sebagai Kenangan

PERTANYAAN :Apa hukum menyimpan gambar atau foto sebagai kenangan? JAWABAN : Menyimpan gambar atau foto …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com